Berapa Bunga Deposito BCA, BRI, Mandiri, dan BNI?
FINANCE

Berapa Bunga Deposito BCA, BRI, Mandiri, dan BNI?

Suku bunga deposito bank tersebut dimulai dari 2,60 persen.

Berapa Bunga Deposito BCA, BRI, Mandiri, dan BNI?
Pixabay

by Tanayastri Dini Isna KH

Jakarta, FORTUNE - Apakah Anda sedang mencari bunga deposito BCA, BRI, Mandiri, dan BNI sebagai bahan pertimbangan sebelum memilih bank untuk menyimpan uang? Mana yang memiliki bunga tertinggi?

Deposito sendiri merupakan cara menyimpan uang di bank selain menabung. Sebagai informasi, bunga deposito lebih besar dibandingkan saat Anda menyimpan uang dengan cara menabung di rekening.

Akan tetapi, penyetoran dan penarikan deposito tidak bersifat fleksibel seperti saat Anda menabung. Ada jangka waktu tertentu yang berlaku. Contoh, deposito Anda berjangka waktu setahun, artinya uang yang disimpan itu tak dapat ditarik hingga tanggal jatuh tempo.

Bunga deposito setiap bank itu berbeda-beda, dipengaruhi juga oleh jangka waktunya. Semakin lama Anda menyimpan uang dengan cara deposito, maka bunganya akan semakin besar.

Terlebih lagi, deposito termasuk sebagai salah satu investasi berisiko rendah sebab Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menjamin setiap uang yang Anda simpan dalam deposito. Meski ada pajak bunga, tidak ada biaya administrasi bulanan untuk penyimpanan uang dengan deposito.

Untuk mempelajari informasi tersebut, mari menyimak bunga deposito BCA, BRI, Mandiri, dan BNI. Mana yang kira-kira paling tinggi?

1. Bunga Deposito BCA

Mengutip situs resmi BCA, bunga deposito BCA dipengaruhi oleh jumlah uang dan jangka waktu bila Anda ingin menyimpan valuta asing (valas). Di bank itu, Anda dapat melakukan deposito dolar Amerika, Singapura, Hong Kong, dan Australia; pound sterling; yen; euro; dan renminbi.

Namun, untuk deposito rupiah berjangka, nominal bunga tahunannya yang berlaku sejak 1 September 2021 sama saja, yakni 2,70 persen. Anda dapat menyimpan uang dengan deposito mulai di bawah Rp2 miliar hingga di atas Rp100 miliar. Jangka waktu dimulai dari sebulan, tiga bulan, enam bulan, hingga setahun.

2. Bunga Deposito BRI

Anda dapat mengetahui bunga deposito BRI melalui situs resmi bank tersebut, cukup dengan menaksir jumlah deposito dan jangka waktu penyimpanan.

Saat ditengok pada Senin (6/9) malam, deposito rupiah dengan tenor sebulan dan tiga bulan memiliki bunga 2,75 persen. Sementara untuk bunga deposito tenor enam bulan dan setahun mencapai 2,9 persen.

3. Bunga Deposito Mandiri

Untuk bunga deposito Mandiri dalam rupiah, tingkatannya terbagi menjadi lima, mulai di bawah Rp100 juta hingga di atas Rp5 miliar. Nominal bunganya 2,75 persen dengan mekanisme dibayar bulanan dan jatuh tempo. 

Sementara itu, bunga deposito rupiah yang dibayar di muka berbeda-beda, bergantung pada waktu penyimpanan. Berikut rinciannya:

- Tenor satu bulan: 2,74 persen.

- Tenor tiga bulan: 2,73 persen.

- Tenor enam bulan: 2,71 persen.

- Tenor setahun: 2,67 persen.

- Tenor dua tahun: 2,60 persen.

4. Bunga Deposito BNI

Suku bunga deposito BNI dalam bentuk rupiah yang berlaku efektif 16 Agustus 2021 adalah 2,75 persen (tenor sebulan dan tiga bulan) serta 2,85 persen (tenor enam bulan, setahun, dan dua tahun).

Untuk bunga deposito valas, nominalnya 0,20 persen (tenor sebulan, tiga bulan, dan enam bulan) serta 0,30 persen (tenor setahun dan dua tahun).

Related Articles

Most Popular