LUXURY

10 Kepala Negara Terkaya di Dunia, Putin Juara?

Harta kepala negara terkaya di dunia ratusan triliun.

10 Kepala Negara Terkaya di Dunia, Putin Juara?Presiden Rusia Vladimir Putin. Shutterstock/Frederic Legrand - COMEO

by Desy Yuliastuti

12 September 2022

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Pernahkah terlintas di pikiran Anda pertanyaan, siapa kepala negara terkaya di dunia? Atau siapa kepala negara terkaya di dunia 2022? 

Banyak orang berpikir menjadi kepala negara harus kaya raya, sebab terjun ke dunia politik butuh modal tak sedikit untuk berkampanye. Tentu jam terbang yang tinggi di dunia politik tidaklah cukup. 

Ada pula yang berpikiran menjadi kepala negara otomatis menjadi kaya karena gaji yang besar, tetapi tidak semua demikian. Namun, beberapa kepala negara di dunia ternyata memiliki kekayaan fantastis, mereka juga seorang raja yang pasti memiliki kekayaan yang luar biasa dibanding rakyatnya. 

Lalu siapa saja kepala negara terkaya di dunia? Melansir situs Richestinfo.com, berikut daftar 10 Kepala negara terkaya di dunia tahun 2022 menurut majalah Forbes.

10. Tamim Al Thani

Kepala negara terkaya di dunia berasal dari salah satu negara Arab yang terkenal akan kekayaannya. Pemimpin negara Qatar justru mengisi posisi terbawah dalam daftar ini. 

Dipimpin oleh Tamim Al Thani, dilaporkan ia memiliki harta sebanyak US$2,5 miliar yang jika dirupiahkan sekitar Rp35 triliun. 

Sumber kekayaan dari Tamim bin Hamad ini berasal dari institusi yang didirikannya pada tahun 2005 bernama Oryx Qatar Sports Investments. Organisasi yang didirikan oleh Emir Qatar ini menjadi pemilik saham di klub sepak bola asal Perancis, Paris Saint-Germain (PSG). Bukan hanya dari investasi itu saja, Tamim juga kepala dewan direkasi Qatar Investment Authority.

9. Sebastian Pinera

Chile, sebuah negara kecil di Amerika Selatan, justru memiliki presiden yang lebih kaya dari pemimpin Qatar. 

Kepala negara terkaya di dunia urutan kesembilan ini, diketahui memiliki kekayaan sejumlah US$2,9 miliar atau setara Rp41 triliun. 

Sebastian Piñera adalah seorang pengusaha dan politisi Chili yang menjabat sebagai Presiden Chili sejak tahun 2010. Jauh sebelum menjadi Presiden Chili, Pinera pernah bekerja di konsultan dan sektor perbankan sebelum pendirian Bancard-nya sangat sukses di akhir 1970-an. 

Perusahaan tersebut, yang memperkenalkan kartu kredit di negara Chili, membuat Pinera menjadi miliarder. Ia juga memegang saham besar di perusahaan lain, termasuk LAN Chile, maskapai penerbangan nasional negara, rumah sakit swasta, dan tim sepak bola Colo Colo. Di antara usaha-usaha lainnya adalah pembangunan Futuro Fundación tahun 1993, sebuah organisasi nonprofit yang peduli dengan pelestarian air dan energi yang dapat diperbarui.