Comscore Tracker
LUXURY

Tips Aman Mengunjungi Tempat Wisata Saat Ramadan dan Idulfitri

Persiapan matang membuat liburan jadi menyenangkan.

Tips Aman Mengunjungi Tempat Wisata Saat Ramadan dan IdulfitriPengunjung Dunia Fantasi Ancol diwajibkan melakukan reservasi sebelum berkunjung dan menggunakan masker/Dok. GOERS

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Peningkatan kunjungan wisatawan di  destinasi liburan saat Ramadan dan Idulfitri diprediksi akan terjadi. Terlebih regulasi terbaru memberikan kelonggaran untuk bepergian dibandingkan tahun sebelumnya. Pemerintah pun mengizinkan masyarakat untuk pulang kampung selama sudah mendapatkan vaksin lengkap Covid-19, dosis penguat, serta syarat tes Covid-19 bagi yang belum divaksinasi lengkap.

“Kabar baiknya, masyarakat mulai kembali mengunjungi tempat wisata. Kunjungan wisatawan ke destinasi wisata-rekreasi yang menjadi mitra kami naik hingga 10 kali lipat saat high season di Q4 2021 dibandingkan Q3 2021. Angka kunjungan pada Januari dan Februari 2022 meningkat hingga 2 kali lipat dari periode yang sama pada tahun lalu," kata Co-founder & CEO, GOERS, Sammy Ramadan, dikutip dari siaran resmi, Jumat (25/3).

Sammy mengatakan, berdasarkan data tahun-tahun sebelumnya angka kunjungan biasanya sedikit terkoreksi selama bulan Ramadan sebelum kembali memuncak pada libur Lebaran. Bulan Ramadan biasanya digunakan oleh destinasi wisata-rekreasi mitranya untuk melakukan optimalisasi servis dan sistem sehingga mereka siap menyambut pengunjung selama libur Lebaran.

Pastikan sudah vaksin lengkap saat berwisata

Tenaga kesehatan TNI AL menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada warga di Kota Sorong, Papua Barat, Rabu (10/11/2021). ANTARA FOTO/Olha Mulalinda/aww.

Bagi masyarakat, momen Ramadan kebanyakan diisi dengan kegiatan buka puasa. Sembari menanti saat berbuka biasanya dimanfaatkan untuk ngabuburit di sejumlah destinasi wisata-rekreasi, terutama yang menawarkan wisata pantai, taman atau ruang terbuka.

Merespons fenomena ini, Sammy memberikan tips agar pengunjung dapat ngabuburit dan berbuka di tempat wisata dengan aman dan nyaman, serta mengunjungi destinasi liburan saat Ramadan dan Idulfitri.

“Sesuai anjuran pemerintah, pastikan Anda sudah divaksin lengkap. Belilah tiket masuk tempat wisata secara daring, setidaknya sehari sebelum berkunjung, untuk membantu pengelola memantau batas kapasitas tempat wisata."

Cermat memilih waktu berkunjung dan tempat wisata

Sammy mengatakan, lonjakan wisatawan diprediksi terjadi dan masyarakat sebaiknya cermat memilih waktu berkunjung ke destinasi liburan saat Ramadan dan Idulfitri.

"Pilihlah waktu berkunjung yang relatif sepi atau shoulder period. Patuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan menjaga jarak,” katanya.

Agar dapat menikmati waktu berlibur, sebaiknya cari tahu dan memahami situasi dan kondisi pariwisata di tempat wisata yang akan dituju. Mencari informasi secara online ataupun bertanya kepada teman yang pernah mengunjungi tempat tersebut akan dapat memberikan pengetahuan yang lebih menyeluruh.

Jika ada lebih dari satu tempat wisata yang dituju, buatlah daftar mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing tempat wisata tersebut. Jangan lupa cari info mendalam mengenai cuaca, kebiasaan orang sekitar, atau jadwal acara lokal yang mungkin diselenggarakan. 

Persiapkan pula segala sesuatunya secara efektif, misalnya booking hotel dan tiket tempat wisata secara online. Dengan demikian, Anda tidak perlu terlalu lama menunggu di antrean untuk bisa masuk ke objek wisata tersebut. 

Membawa peralatan pribadi

Dengan membawa peralatan makan dan minum sendiri tentunya lebih aman dan terjamin kebersihannya. Selain itu, masyarakat bisa tetap menjaga lingkungan, dengan mengurangi limbah plastik.

“Tak kalah penting, bawalah peralatan makan dan minum serta alat ibadah sendiri. Jangan lupa untuk scan aplikasi PeduliLindungi saat masuk ke tempat wisata,” kata Sammy.

Sebagai informasi, sejumlah destinasi wisata-rekreasi Indonesia tengah bersiap mengantisipasi lonjakan pengunjung pada momen Ramadan dan Lebaran 2022 dengan bantuan teknologi GEM Solution. Beberapa di antaranya adalah Taman Impian Jaya Ancol.

Kapasitas maksimal Taman Impian Jaya Ancol saat ini adalah 75 persen kapasitas normal. Teknologi GEM Solution membantu pihak pengelola secara otomatis memantau batas kapasitas pengunjung dengan lebih mudah secara real-time demi keamanan dan kenyamanan.

"Kami dapat menerapkan strategi lain bila kapasitas maksimal pengunjung kala pandemi sudah penuh. Misalnya dengan mengalihkan pengunjung lain ke shoulder period di hari atau jam masuk yang berbeda,” kata Direktur Utama, PT Taman Impian Jaya Ancol, anak usaha PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Budi Aryanto.

Itulah tadi beberapa tips agar Anda tetap aman dan nyaman mengunjungi destinasi liburan Saat Ramadan dan Idulfitri. 

Related Articles