MARKET

Dua Petinggi Vale Kompak Mengundurkan Diri

Surat pengunduran diri disampaikan 9 Februari lalu.

Dua Petinggi Vale Kompak Mengundurkan DiriOperasional PT Vale Indonesia Tbk. (Vale Indonesia)

by Hendra Friana

13 February 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Dua petinggi PT Vale Indonesia Tbk (INCO) mengajukan pengunduran diri secara berbarengan pada 9 Februari 2024.

Kabar tersebut disampaikan manajemen Vale lewat pengumuman dalam Keterbukaan Informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sekretaris Perusahaan Vale Indonesia, Filia Alanda, mengatakan dua petinggi tersebut adalah Deshnee Naidoo selaku Presiden Komisaris dan Gustavo Garavaglia selaku Komisaris.

"Dengan ini kami sampaikan bahwa pada tanggal 9 Februari 2024, perseroan telah menerima surat permohonan pengunduran diri Ibu Deshnee Naidoo sebagai Presiden Komisaris dan Bapak Gustavo Garavaglia sebagai Komisaris perseroan," demikian bunyi pengumuman tersebut dikutip Selasa (13/2).

Sesuai Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 33/POJK.04/2014 tentang Direksi dan Dewan Komisaris Emiten atau Perusahaan Publik, Vale akan mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham paling lambat 90 hari setelah diterimanya pengunduran diri tersebut.

Profil dua komisaris Vale

Sebelum menjabat sebagai Presiden Komisaris, Deshnee bergabung dengan Vale sebagai Chief Financial Officer pada Januari 2021.

Kemudian, dia diangkat menjadi Chief Executive Officer Vale Base Metals pada Desember 2021.

Deshnee menyandang gelar Bachelor of Science dari Jurusan Chemical Engineering, University of Kwazulu Natal, dan Certificate in Finance and Administration, Witwatersrand Business School.

Dia terjun ke industri pertambangan melalui Anglo American Platinum pada 1998 tempat dia membangun kariernya dengan menduduki berbagai pos hingga diangkat sebagai CFO Anglo American Thermal Coal, pada 2011 hingga 2014. 

Deshnee kemudian menjabat Chief Executive Officer, Vedanta Zinc International and CMT (November 2014-Mei 2020), tempat dia bertanggung jawab untuk operasional di Afrika dan Eropa, serta tambang tembaga di Australia.

Sementara Gustavo Garavaglia diangkat sebagai Komisaris Vale Indonesia pada RUPS Tahunan pada 22 Desember 2022.

Selain di Vale Indonesia, dia juga menjabat sebagai Chief Financial Officer, Base Metals, Vale Canada Limited sejak 2022 hingga saat ini.

Pria kelahiran Salvador, Brasil, pada 1986 tersebut merupakan lulusan Teknik Elektro Universidade Estadual de Campinas, Brasil, dan penyandang gelar Master of Business Administration (MBA) dari Fundacao Getulio Vargas, Brasil.

Gustavo mengawali kariernya sebagai ‘trainee’ di perusahaan energi, AES Brazil. Kariernya terus bertumbuh hingga dipercaya menjadi analis senior hanya setahun setelah menjadi trainee.

Pada Januari 2019, Gustavo mencapai puncak kariernya dengan menjabat sebagai Chief Financial Officer (CFO) di AES Amerika Serikat, hingga akhirnya pindah ke Vale Canada Limited pada April 2022 dan menjabat sebagai Chief Financial Officer Base Metals.