MARKET

2023, Emiten ACE Hardware Mau Buka hingga 15 Toko Baru

Hingga April, ACES sudah buka 5 gerai baru.

2023, Emiten ACE Hardware Mau Buka hingga 15 Toko BaruGerai Ace. (Shutterstock/Ezky Hary Bahtiar)
26 April 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT ACE Hardware Tbk (ACES), entitas bisnis Grup Kawan Lama, membidik untuk membuka sekitar 10 sampai 15 toko sepanjang 2023. Sampai dengan April, perseroan memiliki 5 gerai baru.

Menurut Direktur ACE Hardware, Gregory S. Widjaja, toko-toko luring terbaru ACE Hardware tersebar di Tarakan (Kalimantan Utara), Batoh Aceh (Banda Aceh), Denpasar dan Gianyar (Bali), dan Singkawang (Kalimantan Barat). Dua lokasi di Kalimantan merupakan pasar baru bagi perseroan.

Dus, ekspansi jaringan di awal tahun ini secara otomatis memperluas jangkauan bahkan ke titik terbaru. Harapannya, itu dapat mendorong kenaikan pendapatan perseroan, yang mencapai Rp6,7 triliun pada 2022.

“Melihat respons positif masyarakat atas pembukaan lima toko terbaru, kami akan tetap mendorong operational excellence di setiap proses bisnis kami,” katanya melalui keterangan resmi, Rabu (26/4).

Adapun, pada 2022 sendiri, ACE Hardware telah membuka 18 gerai luring sekaligus menutup lima gerai. Sementara itu, gerai Toys Kingdom tahun lalu bertambah enam, sekaligus ditutup tiga. Berkat langkah ekspansi itu, penjualan pada 2022 naik 3,4 persen dibanding 2021.

Bagian dari strategi omni-channel

Mengawali 2023, Ace Hardware membuka gerai pertama di Tarakan, Kalimantan Utara.
dok. ACE Hardware

Langkah ekspansi ACES mengacu pada hasil evaluasi dan riset komprehensif, dari segi pasar sampai dengan infrastruktur pendukung distribusinya. Selain untuk mendukung pertumbuhan pendapatan, ekspansi pun beriringan dengan kehadiran pengalaman belanja omni-channel.

Di akhir kuartal I, total gerai ACES mencapai 228, tersebar di 55 kota dan 27 provinsi, dengan total luas 538.000 meter persegi dan 50.000 SKU. Kini, jaringan toko ACES mencapai 230 dan sudah terintegrasi dengan platform daring (online). 

Selain ACE Hardware dan Toys Kingdom, ACES pun memiliki situs web dan aplikasi rupa-rupa. “Kini omni-channel di industri ritel bukan pilihan seperti beberapa tahun terakhir. Dengan perkembangan teknologi dan juga pengalaman pandemi, itu semakin jadi keharusan dan jadi solusi bagi pelanggan untuk memperoleh seamless experience online dan offline,” jelas Gregory.

Adapun, dari segi keuangan, perseroan memproyeksikan pertumbuhan same-store sales growth (SSG) dan penjualan positif pada tahun ini, sejalan dengan penguatan daya beli pelanggan.

Selain dengan strategi ekspansi, ACES juga menjalankan program promosi, yang terdiri dari kampanye “Dengan ACE semua #BisaKejadian”, promosi tematik bulanan, boom sales pada Maret dan Oktober, program purchase with purchase untuk produk memasak premium, hingga berkolaborasi dengan influencer.

Related Topics