MARKET

Emiten Properti Hermanto Tanoko Beli Saham 2 Anak Usaha HMSP

Berapa banyak saham yang dibeli?

Emiten Properti Hermanto Tanoko Beli Saham 2 Anak Usaha HMSPilustrasi lapangan golf (Unsplash.com/mk. s)
28 December 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Emiten properti afiliasi Hermanto Tanoko, PT Jaya Sukses Makmur Sentosa Tbk (RISE) mengakuisisi saham di PT Taman Dayu dan PT Golf Taman Dayu, dua entitas anak PT HM Sampoerna Tbk (HMSP).

Sekretaris Perusahaan Jaya Sukses Makmur Sentosa (Tanrise Property), Go Herliani Prayogo menjelaskan, perseroan telah membeli saham PT Taman Dayu sejumlah 92.671 lembar saham, atau 44,88 persen kepemilikan oleh PT HM Sampoerna Tbk, pada 27 Desember 2023.

Selain itu, perseroan pun mengambil alih saham PT Taman Dayu sejumlah 254 lembar saham, atau 0,12 persen kepemilikan saham oleh PT Wahana Sampoerna.

Ditambah dengan pembelian asham PT Golf Taman Dayu sebanyak 2,61 juta lembar saham dari PT Wahana Sampoerna.

Setelah transaksi-transaksi tersebut, kepemilikan saham perseroan di PT Taman Dayu dan PT Golf Taman Dayu masing-masing menjadi 45 persen dan 3,33 persen.

"Tidak ada dampak material dari transaksi tersebut terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha perseroan," kata Herliani dalam keterbukaan informasi, Kamis (28/12).

Sebelumnya, pada 8 Desember 2023, RISE mengumumkan telah menyetujui perjanjian fasilitas pinjaman dengan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) sejumlah Rp400 miliar. 

"Itu adalah fasilitas kredit lokal dengan jangka waktu fasilitas 12 bulan sejak penandatanganan perjanjian kredit," jelas Herlian dalam keterbukaan informasi.

Lebih lanjut, fasilitas kredit itu akan menyokong ekspansi perseroan secara langsung. Juga dinilai tak akan berdampak negatif terhadap kondisi finansial RISE.

Profil singkat PT Taman Dayu dan PT Golf Taman Dayu

PT Taman Dayu merupakan anak usaha HMSP yang bergerak di kegiatan usaha pengembangan properti. Persentase kepemilikan efektif HMSP di perusahaan itu adalah 99,73 persen per 2022 lalu, berdasarkan laporan tahunan HMSP.

Taman Dayu sendiri berdiri pada 9 Juni 1978, dengan kantor pusaat di Jalan Raya Surabaya Malang, KM 48, Pasuruan, Jawa Timur. Jumlah asetnya adalah Rp292,27 miliar.

Sementara itu, PT Golf Taman Dayu memiliki kegiatan usaha wisata dan jasa lapangan golf yang mulai beroperasi pada 1996. Grup HMSP memegang 100 persen persentase kepemilikan efektif per tahun 2022. Total asetnya adalah Rp35,81 miliar.

Related Topics