Beli Oleh-oleh Saat Mudik? Ini Kiatnya Agar Tidak Boncos

Siapkan daftar penerima dan perhatikan ukuran barang.

Beli Oleh-oleh Saat Mudik? Ini Kiatnya Agar Tidak Boncos
Pedagang menawarkan makanan di pusat oleh-oleh kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (8/5). (ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Mudik Lebaran tidak hanya tentang kembali ke kampung halaman, tetapi juga tentang kegembiraan dan kedekatan dengan keluarga. 

Salah satu hal yang selalu menjadi perhatian saat mudik Lebaran adalah membeli Oleh-oleh khas daerah untuk dibawa pulang ke kota. Ini bisa menjadi momen yang menyenangkan sekaligus membingungkan, terutama ketika harus memilih di antara berbagai pilihan yang beragam. 

Oleh-oleh ini tidak hanya sekedar tradisi, tetapi juga merupakan bentuk kepedulian dan kebersamaan yang ingin diungkapkan kepada kerabat dan rekan kerja. Nah, bagi yang masih bingung untuk memilih oleh-oleh, simak kiat selengkapnya di bawah ini agar kantong tidak boncos.
 

Siapkan dana khusus dan daftar penerima

Ilustrasi menabung. Shutterstock/Worawee Meepian

Sebelum membeli oleh-oleh, pastikan kamu sudah memiliki dana khusus untuk membelinya. Siapkan jauh-jauh hari agar rencana membeli oleh-oleh dapat benar-benar terlaksana. Tidak perlu banyak dan sesuaikan pula dengan kemampuan finansial. Jangan sampai Anda mengeluarkan budget berlebihan untuk membeli oleh-oleh

Selain itu, untuk mengukur kebutuhan dana, kita bisa membuat daftar penerima oleh-oleh. Hal ini sangat penting agar pemberianmu bisa tepat sasaran, tidak ada yang terlewat, serta dapat memperkirakan berapa dana yang harus dikeluarkan, maupun berapa budget untuk membeli oleh-oleh bagi masing-masing orang.

Membeli di pusat oleh-oleh

Ilustrasi martabak manis (Yummy.co.id)

Biasanya mudik sangat identik dengan jalanan yang ramai serta macet. Karena itu, untuk lebih menghemat waktu, kita bisa membeli oleh-oleh di pusat oleh-oleh. Dengan membelinya di pusat oleh-oleh, kita bisa hemat waktu karena di sana tersedia berbagai jenis jajanan khas daerah maupun luar daerah.

Dengan membeli di pusat oleh-oleh, kita dapat mendapatkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan di pinggir jalan tempat wisata. Kita bisa membeli oleh-oleh khas daerah yang tidak banyak dijual di daerah lain serta memiliki cita rasa yang khas. Hal ini agar oleh-oleh yang kamu bawa lebih berkesan bagi penerimanya. 

Perhatikan tanggal kadaluarsa dan ukuran

dok. Louis Vuitton

Memperhatikan tanggal kedaluwarsa menjadi hal yang wajib dilakukan ketika membeli suatu Makanan maupun jajanan. Apalagi makanan yang kamu beli dari jauh-jauh hari. Kemudian dibawa untuk mudik dan baru dimakan ketika lebaran tiba. Pastikan makanan yang kamu beli masih aman dikonsumsi dalam waktu yang cukup lama serta jauh dari tanggal kedaluwarsa, ya!

Selain itu, barang bawaan ketika mudik pastinya sangat banyak. Apalagi jika mudiknya bersama satu keluarga. Oleh karena itu, untuk mempermudah perjalanan dan hemat tempat, pastikan kamu membeli oleh-oleh yang ukuran serta beratnya sesuai dengan daya tampung dan kemampuanmu.

Selain itu, pertimbangkan juga selera penerima oleh-oleh. Apakah mereka menyukai makanan manis, gurih, atau pedas? Apakah mereka memiliki alergi atau pantangan makanan tertentu? Sehingga oleh-oleh yang kamu bawa tidak mubazir. Oleh-oleh yang praktis dan bermanfaat akan lebih disukai oleh penerima. 

Dengan memperhatikan tips membeli oleh-oleh ketika mudik, kamu bisa memastikan pembelianmu berjalan lancar dan aman. Selain itu, tips-tips ini juga akan membantumu menghemat waktu dan tenaga, sehingga perjalanan mudikmu akan lebih mudah dan menyenangkan.

Related Topics

MudikOleh-olehMakanan

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu
Survei BI: Tren Harga Rumah Tapak Masih Naik di Awal 2024
Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Saksi Sidang Kasus Korupsi Tol MBZ Sebut Mutu Beton Tak Sesuai SNI