NEWS

Apa Itu Sesar Cimandiri yang Diduga Jadi Pusat Gempa Cianjur?

Sesar Cimandiri sebabkan terjadinya gempa dangkal.

Apa Itu Sesar Cimandiri yang Diduga Jadi Pusat Gempa Cianjur?Kerusakan akibat gempa Cianjur. (ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya)
22 November 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Indonesia tengah berkabung setelah Cianjur, Jawa barat diguncang gempa berkekuatan 5,6 skala richter (SR) yang menelan ratusan korban jiwa. Gempa ini berpusat di sekitar 11 kilometer di bawah permukaan daratan Cianjur.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa Cianjur diduga akibat dari pergerakan Sesar Cimandiri.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, mengatakan gempa berpusat di sekitar Sukabumi-Cianjur itu terjadi akibat patahan geser. “Wilayah Sukabumi, Cianjur, Lembang, Purwakarta, juga Bandung itu secara tektonik merupakan kawasan seismik aktif dan kompleks, disebut aktif memang kawasan ini sering terjadi gempa,” ujarnya, Selasa (22/11).

Wilayah ini sering terdampak oleh gempa dangkal akibat beberapa sesar yang ditemukan di sekitarnya. Jadi, kompleksitas tektonik yang terjadi berpotensi memicu terjadinya gempa kerak dangkal atau shallow crustal earthquake.

"Karakteristik gempa kerak dangkal itu gempanya tidak harus berkekuatan besar untuk menimbulkan kerusakan, karena gempanya rata-rata dangkal bisa kurang dari 10 kilometer, bisa kurang dari 15 kilometer, dan itu tidak butuh kekuatan besar misalnya di atas (magnitudo) 7, tapi kekuatan 4, 5, 6 itu bisa timbulkan kerusakan yang signifikan," kata Daryono.

Salah satu sesar yang terdapat di wilayah rawan gempa bumi ini adalah sesar Cimandiri. Fortune Indonesia akan mengulas tentang apa itu sesar Cimandiri.

Apa itu Sesar Cimandiri?

Posisi sesar Cimandiri.
Posisi sesar Cimandiri. (Jurnal.unpad.ac.id)

Istlah sesar memiliki arti bidang rekahan yang disertai oleh adanya pergeseran relatif satu blok terhadap blok batuan lainnya. Secara sederhana, sesar disebut juga sebagai patahan.

Menukil geologi.co.id, Sesar Cimandiri merupakan sesar atau patahan geser aktif sepanjang kurang lebih 100 km yang memanjang, mulai dari muara Sungai Cimandiri di Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, hingga ke timur laut, melewati Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung Barat, sampai ke Kabupaten Subang.

Sesar Cimandiri disebut-sebut cukup aktif, mekanismenya adalah sesar geser atau mendatar mengiri (sinistral strike slip).

Pembagian sesar Cimandiri

Proses pembersihan jalan yang putus akibat gempa Cianjur.
Proses pembersihan jalan yang putus akibat gempa Cianjur. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Related Topics