NEWS

ArtMoments Jakarta Perkirakan Transaksi Seni Mencapai Rp80 Miliar

Ada peningkatan minat seni di masyarakat Indonesia.

ArtMoments Jakarta Perkirakan Transaksi Seni Mencapai Rp80 MiliarKonferensi pers ArtMoments, di Grand Ballroom Sheraton Grand Jakarta Gandaria City, Kamis (3/8). (Fortuneidn/Bayu)
03 August 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Ajang bursa seni, ArtMoments, kembali menyambangi Jakarta pada 18-20 Agustus 2023 di Grand Ballroom Sheraton Grand Jakarta Gandaria City. Diperkirakan  transaksi karya seni yang dipamerkan dalam ajang ini bisa mencapai Rp80 miliar.

Co-Founder dan Fair Director ArtMoments Jakarta, Sendy Widjaja, mengatakan nilai transaksi ini lebih minim, bila dibandingkan penyelenggaraan acara sejenis kelas dunia bisa mencapai triliunan rupiah. “Kami fokusnya masih pada ekonomi nasional, jadi menurut saja ini target yang cukup realistis,” ujarnya kepada Fortune Indonesia di konferensi pers ArtMoments, Kamis (3/8).

Menurutnya, kebiasaan mengoleksi karya seni di tengah masyarakat Indonesia masih bisa meningkat. “Kolektor seni di Indonesia itu baru 0,001 persen, jadi kita perlu media untuk membiasakan masyarakat untuk lebih mengapresiasi karya seni, dengan mengunjungi museum dan mengoleksi karya-karya seni rupa,” katanya.

Terlepas dari stigma kolektor seni lukisan yang biasanya dilekatkan pada kalangan menengah atas, bursa seni ini tetap didedikasikan untuk menyediakan platform inklusif dan dapat diakses semua kalangan. Tujuannya adalah untuk mempromosikan seni sebagai bagian integral dari kehidupan sehari-hari.

Peningkatan peminat

Co-Founder dan Fair Director ArtMoments Jakarta, Sendy Widjaja (kanan).
Co-Founder dan Fair Director ArtMoments Jakarta, Sendy Widjaja (kanan). (Fortuneidn/Bayu)

Sejak pertama kali diadakan pada 2018, ArtMoments selalu menunjukkan peningkatan peminat. Hal ini terlihat dari dampak yang muncul setelah ArtMoments diselenggarakan, seperti apresiasi para seniman atas ArtMoments, yang disampaikan langsung kepada Sendy.

“Seperti dilhat di ArtMoments Bali tahun ini misalnya, kami mulai melihat ada peningkatan dari masyarakat Bali, dari pendatang, kaum expatriate, dan juga keluarga-keluarga di Bali. Jadi, dari Jakarta, sekarang ada di Bali, itu merupakan sebuah peningkatan. Bahkan, kami mulai akan membangun pasar seni rupa di Bali,” ujar Sendy.

Membawa seniman nasional mendunia

Beberapa karya seni yang ditampilkan di ArtMoments Jakarta, 18-20 Agustus 2023.
Beberapa karya seni yang ditampilkan di ArtMoments Jakarta, 18-20 Agustus 2023. (Dok. ArtMoments)

Related Topics