NEWS

Badan Otorita Ungkap Sektor Perumahan Paling Diminati Investor IKN

Badan OIKN kini fokus sebar investasi di sektor lain.

Badan Otorita Ungkap Sektor Perumahan Paling Diminati Investor IKNRusun bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai Pertahanan Keamanan (Hankam) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. (Doc: Kementerian PUPR)
15 November 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyatakan bahwa sektor perumahan jadi yang paling diminati oleh para investor IKN. Sejumlah proyek pembangunan properti mulai berjalan. 

Sekretaris OIKN, Achmad Jaka Santos Wijaya mengatakan, dari 300 Letter of Intent (LoI) yang masuk, terdapat 130 LoI yang yang merujuk pada sektor perumahan, dengan estimasi investasi mencapai US$666-1.089 juta atau sekitar Rp10,32-16,88 miliar (kurs 15.496,43 per US$).

“Sektor perumahan masih menjadi sektor yang banyak peminat di IKN Nusantara,” katanya kepada media, Selasa (14/11).

Pemerintahterus membuka peluang investasi di sektor perumahan, mengingat kebutuhan rumah yang sangat besar, terutama bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN), aparat keamanan dan pertahanan, serta masyarakat umum yang akan mengawali perpindahan pusat pemerintahan ke IKN. Pada tahap awal, kebutuhan perumahan diperkirakan sekitar 16.000 unit.

Penyebaran investasi

Rencana Ibu Kota Nusantara.
Rencana Ibu Kota Nusantara. (Dok. Marriott)

Achmad mengatakan, 130 LoI di sektor perumahan sebenarnya cukup terpaut jauh dengan LoI terbanyak berikutnya yang merupakan sektor komersial dengan 71 LoI.

Oleh karena itu, pemerintah saat ini tidak hanya terfokus pada target banyaknya jumlah LoI yang masuk, tapi juga mendorong penyebaran minat investasi di sektor lain, seperti pendidikan, transportasi, telekomunikasi, hingga pembangkit energi.

“Kalau LoI kita tak targetkan jumlah, lebih ke variasi. Kita cari di 300 itu yang 'oh ini kayaknya di bidang ini bagus kalau duluan. Itu yang kita kejar. Kalian butuh apa lagi supaya kalian betul-betul implement your intent (LoI),” ujar Achmad.

Menurut Achmad, Presiden Jokowi menginginkan agar ground breaking selanjutnya bisa lebih variatif, seperti untuk kawasan olahraga berkuda atau konservasi Orangutan. “Sehingga betul-betul ekosistem kota itu lengkap. Ada macam-macam, sehingga ke sana (IKN) itu enggak 'apaan nih cuma ada gedung pemerintah’,” katanya.

Prospektif

Peserta mengikuti pelatihan pekerja konstruksi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di SMKN 1 Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (6/10).
Peserta mengikuti pelatihan pekerja konstruksi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di SMKN 1 Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (6/10). (ANTARAFOTO/Rivan Awal Lingga)

Related Topics