NEWS

Bahlil Ungkap Instruksi Jokowi Percepat Gasifikasi Batu Bara Jadi DME

Proyek Bukit Asam adalah salah satu yang diutamakan.

Bahlil Ungkap Instruksi Jokowi Percepat Gasifikasi Batu Bara Jadi DMEPembangunan proyek hilirisasi batu bara jadi Dimetil Eter (DME) di Muara Enim, Sumatra Selatan, diperkirakan mendatangkan investasi. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
08 March 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengintruksikan para menteri untuk mempercepat investasi gasfikasi batu bara menjadi Dimethyl Ether (DME).

Menurutnya, upaya ini merupakan bagian dari hilirisasi untuk mengurangi ketergantungan terhadap impor dan memenuhi kebutuhan liquefied petroleum gas (LPG). “Karena kita masih impor sekitar 6-7 juta ton per tahun dan perlahan kita akan mengurangi impor dengan subtitusi DME,” katanya seperti dikutip dari Antaranews, Rabu (8/3).

Untuk menjadi DME, diperlukan pasokan batu bara low calorie. Dengan percepatan ini, maka penyediaan batu bara ini akan terus dioptimalkan.

Proyek gasifikasi

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia memberikan keterangan pers di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (31/1).
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia memberikan keterangan pers di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (31/1). (Humas Setkab)

Salah satu pabrik gasifikasi yang tengah dikerjakan oleh PT Bukit Asam bersama PT Pertamina dan Air products and chemicals terletak di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Hingga kini, pemerintah masih mempersiapkan penerbitan peraturan presiden (Perpres), dan diyakini selesai dalam waktu dekat. “Ini masih ada perhitungan tentang karbon aja yang belum clear,” kata Bahlil.

Proyek ini sebelumnya diresmikan Presiden Jokowi pada 24 Januari 2022. Proyek ini diharapkan mampu beban anggaran susidi LPG hingga Rp60-70 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Saat ini kebutuhan LPG Indonesia mencapai Rp100 triliun, namun Rp80 triliun harus didapat dari impor.

Perhitungan masih dilakukan

Ilustrasi : bongkar muat batu bara
Dok. Istimewa

Related Topics