NEWS

Ragam Benefit Kantor yang Bisa Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Kesehatan karyawan berdampak pada kinerja bisnis perusahaan.

Ragam Benefit Kantor yang Bisa Meningkatkan Produktivitas KaryawanIlustrasi pengecekan kesehatan karyawan di kantor. (dok. Halodoc)
04 April 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE -  Karyawan adalah aset penting perusahaan. Produktivitas pekerja juga merupakan kunci pertumbuhan kinerja perusahaan. Maka penting bagi pemilik bisnis untuk memperhatikan keehatan dan kinerja pekerja, salah satunya dengan memberikan benefit yang sesuai untuk mendukung produktivitas.

Studi Employee Wellness Statistic menunjukkan bahwa program kesehatan yang diberikan perusahaan dapat meningkatkan produktivitas karyawan hingga 60 persen, dan mengurangi tingkat ketidakhadiran hingga 19 persen. Medical check-up dan vaksinasi merupakan contoh program kesehatan preventif yang dapat dilakukan perusahaan untuk menjaga kesehatan karyawan.

Chief Operating Officer Halodoc, Veronica Utami, mengatakan bahwa benefit kesehatan yang bersifat preventif semakin penting bagi karyawan masa kini. Salah satu layanan yang dimiliki oleh Halodoc adalah ‘Home Lab & Vaksinasi’. “Layanan ini hadir untuk menjawab pain points masyarakat seperti sulitnya mencari waktu untuk melakukan tes lab/vaksin,” katanya dalam keterangan yang diterima Fortune Indonesia, Kamis (4/4).

Halodoc memfasilitasi pencarian layanan kesehatan dengan petugas medis datang ke rumah atau kantor untuk melakukan pemeriksaan kesehatan maupun vaksinasi. Hasil dari pemeriksaan akan diuji di mitra laboratorium dan dapat diakses langsung melalui aplikasi Halodoc.

Selain medical check-up, berikut ini adalah sejumlah program benefit lain yang bisa jadi opsi perusahaan untuk meningkatkan produktivitas karyawan.

Fasilitas kelas olahraga atau gym

Hasil penelitian dalam jurnal PLOS One menunjukkan bahwa aktivitas fisik dikaitkan dengan fungsi kognitif yang lebih baik. Oleh karena itu, penyediaan fasilitas gym dapat membantu perusahaan mempromosikan fungsi kognitif yang lebih baik di antara karyawan. Peningkatan fungsi kognitif ini akan meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan serta kemampuan mereka untuk menuangkan ide-ide baru bagi perusahaan.

Layanan konseling untuk kesehatan mental

Karyawan yang memiliki kesejahteraan mental yang baik biasanya lebih terfokus, kreatif, dan produktif. Dengan kehadiran layanan konseling kesehatan mental, karyawan dapat berkonsultasi dengan konselor yang dapat membantu mereka mengatasi rintangan yang mengganggu kinerja dan produktivitas mereka.

Related Topics