NEWS

Currency Swap Disebut Bisa Jaga Manufaktur Ketika Rupiah Melemah

Apalagi di tengah konflik geopolitik.

Currency Swap Disebut Bisa Jaga Manufaktur Ketika Rupiah Melemahilustrasi industri (unsplash.com/Lalit)
16 April 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan bahwa pertukaran kurs (Currency Swap) bisa menjaga ketahanan Manufaktur pada saat nilai mata uang Rupiah melemah.

Dia mengatakan bahwa kerja sama pertukaran kurs ini bisa dilakukan dengan negara yang menjadi mitra pemasok utama bahan baku dan bahan penolong industri.

"Misalnya Cina. Kita bisa lakukan kerja sama mata uang, di mana ada swap currency yang dimungkinkan antara yuan Cina dan rupiah," katanya di kantor Kemenperin, Selasa (16/4).

Pada awal perdagangan Selasa (16/4), rupiah mengalami penurunan akibat ketegangan Iran-Israel, ditambah lagi adanya potensi penundaan pemotongan suku bunga acuan Amerika Serikat (AS).

Rupiah turun 240 poin atau 1,51 persen menjadi Rp16.088 per dolar AS dari penutupan perdagangan (5/4) yang mencapai Rp15.848 per dolar AS.

Potensi lonjakan harga

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat ditemui di kantornya, Selasa (16/4). Eko Wahyudi/FORTUNE Indonesia

Pelemahan nilai rupiah atau peningkatan tensi konflik Timur Tengah, kata Agus, bisa berdampak pada pasar industri di Tanah Air. Pasar ekspor menurutnya akan tertekan karena perang dan harga-harga berpotensi melonjak.

“Pasti tidak sehat. Sesuatu hal yang harus kita mitigasi. Jadi, kalau bisa dipercepat kerja sama currency antara rupiah dengan negara-negara pemasok bahan baku atau penolong, sehingga tidak perlu harus di intervensi melalui dolar Amerika itu akan lebih baik,” ujar Agus.

Pembatasan impor

bisnis impor
ilustrasi bisnis impor (unsplash.com/Andy Li)

Related Topics