NEWS

Idul Adha 2023 Tiba, Ini Cara Simpan Daging Kurban yang Baik di Kulkas

Mencuci daging sebelum disimpan hanya perburuk penyimpanan.

Idul Adha 2023 Tiba, Ini Cara Simpan Daging Kurban yang Baik di KulkasDaging kurban yang akan dibagikan kepada warga sekitar. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)
28 June 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Umat Islam merayakan Idul Adha tahun 2023 hari ini dan esok hari. Momentum ini tak lepas dari pemotongan kurban sapi dan kambing, untuk kemudian dibangikan kepada masyarakat sekitar. Lalu, seperti apa cara menyimpan daging kurban di kulkas agar tetap segar dan tetap layak dikonsumsi? 

Daging adalah bahan makanan yang memiliki waktu penyimpanan tertentu. Agar daging tetap segar, Anda perlu mengetahui proses dan cara yang penyimpanan tepat, agar dapat dikonsumsi, sehat dan terjaga kesegarannya.

Mengutip laman resmi Electrolux.id dan Baznaz, berikut ini adalah cara terbaik menyimpan daging di kulkas agar tahan lama.

Jangan cuci daging mentah

Tidak semua bahan makanan harus dicuci sebelum disimpan di dalam kulkas. Daging contohnya, yang dianjurkan untuk tidak dicuci terlebih dahulu sebelum disimpan. 

Pasalnya, daging yang dicuci justrru akan lebih rentan mengandung bakteri. Daging yang dicuci hanya akan mengandung lebih banyak air yang membuatnya tidak segar lagi, bahkan terkena freezer burn–beku lalu mengering. Bakteri dalam daging hanya akan mati jika daging dimasak dengan benar. 

Untuk itu, yang bisa Anda lakukan, simpan daging pada wadah tertutup dan jauh dari makanan lain. Daging merah mentah hanya akan bertahan di dalam kulkas selama lima hari dan lebihlama hingga 12 bulan jika ditaruh di dalam freezer. 

Potong daging jadi beberapa bagian

Selain prektis, memotong daging dalam ukuran kecil juga akan mencegah daging mentah keluar-masuk ke dalam kulkas guna mencegah menurunnya kadar kesegarannya.

Bahkan, hal yang berbahaya adalah jika terlalu sering berpindah suhu dari dingin ke hangat dan kembali lagi dapat membantu bakteri pada daging tumbuh. Itulah mengapa sebaiknya jangan terus mengeluarkan daging dari lemari es sampai Anda benar-benar memasaknya.

Related Topics