NEWS

10 Faktor yang Memengaruhi Perencanaan Karier dan Pekerjaan

Faktornya bisa saling mendukung atau bertentangan.

10  Faktor yang Memengaruhi  Perencanaan Karier dan Pekerjaanilustrasi karyawan di perusahaan (freepik.com/Tirachardz)
24 July 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Setiap orang berhak untuk memilih pekerjaan atau profesi apa yang ingin dijalani. Keputusan untuk memilih sebuah karier atau pekerjaan ternyata dipengaruhi oleh sejumlah faktor.

Dalam perjalanan hidup, pilihan karier adalah salah satu tahapan penting yang haru dilewati dengan baik. Bahkan, dalam banyak kisah, pemilihan karier yang tidak tepat bisa berpengaruh pada kehidupan seseorang dan keluarganya di masa mendatang.

Pemilihan karier adalah proses penting yang melibatkan pemahaman tentang minat, nilai-nilai, bakat, dan tujuan hidup individu untuk menentukan jalur karier yang paling sesuai. Ini adalah langkah yang krusial karena karier akan menjadi bagian integral dari kehidupan seseorang, mengarahkan perjalanan hidup, dan mempengaruhi kebahagiaan, kepuasan, dan keberhasilan individu secara keseluruhan.

Tak hanya satu faktor, bisa saja ada beberapa faktor yang saling bertentangan. Namun, hal ini perlu diketahui, agar Anda lebih memahami proses seseorang dalam memilih karier dan kesulitan yang mungkin akan dialami. Melansir youngontop.com, berikut ini adalah beberapa faktor tersebut.

Minat dan bakat

Ini merupakan faktor awal yang bisa Anda identifikasi sebelum memilih jenis pekerjaan atau membangun karir. Faktor ini mencakup kecenderungan alami seseorang terhadap bidang atau aktivitas tertentu. Biasanya sudah menjadi cita-cita sejak kecil dan lekat dengan hobi yang biasa dijalani.

Pemilihan karier yang sesuai dengan minat dan bakat dapat meningkatkan kepuasan dan kinerja dalam pekerjaan.

Nilai dan kepercayaan

Nilai-nilai dan keyakinan pribadi mempengaruhi pemilihan karier. Seseorang mungkin lebih tertarik untuk bekerja dalam bidang yang sejalan dengan nilai-nilai mereka, yang dapat meningkatkan motivasi dan komitmen dalam pekerjaan.

Related Topics