NEWS

Bertemu Zelensky, Jokowi Sampaikan Sejumlah Pesan Perdamaian

Salah satu pesan yang dibawa terkait rantai pasok pangan.

Bertemu Zelensky, Jokowi Sampaikan Sejumlah Pesan PerdamaianPresiden Zelensky menyambut Presiden Jokowi di pintu Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, rabu (29/6). (Twitter @jokowi)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Maryinsky, Kyiv, Rabu (29/6). Kunjungannya tersebut menurutnya merupakan bentuk kepedulian masyarakat Indonesia terhadap dituasi di sana. 

Jokowi meminta semangat perdamaian tidak boleh luntur, sekalipun berada dalam situasi penyelesaian pertikaian yang sulit

“Saya sampaikan ke Presiden Zelensky bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina,” ujar Jokowi seperti dilaporkan dalam situs resmi Setkab, Rabu (29/6).

Presiden Jokowi berkunjung ke Ukraina, usai mengikuti perhelatan KTT G7 di Jerman. Jokowi menyampaikan bahwa dirinya membawa pesan perdamaian, terutama terkait rantai pasok pangan yang terhambat setelah pecah perang Rusia-Ukraina. Indonesia saat ini merupakan salah satu importir produk gandum dari Ukraina.

Ekspor pangan harus bisa dilakukan lagi

Pertemuan Presiden Jokowi dan Presiden Zelensky di meja bundar Istana Marinsky, Ukraina, Rabu (29/6).Pertemuan Presiden Jokowi dan Presiden Zelensky di meja bundar Istana Maryinsky, Ukraina, Rabu (29/6). (Twitter @jokowi

Jokowi mengatakan semua usaha harus dilakukan agar Ukraina bisa kembali mengekspor bahan pangan. “Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut. Saya mendukung upaya PBB dalam hal ini,” katanya.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi juga menyampaikan undangan secara langsung kepada Presiden Zelensky, untuk menghadiri KTT G20 yang  diselenggarakan November mendatang di Bali. “Tahun ini adalah 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Ukraina. Saya menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus memperkuat kerja sama yang lebih baik,” ucapnya.

Tanggapan Presiden Zelensky

Presiden Jokowi dan Presiden Zelensky saat memberi keterangan pers, usai pertemuan keduanya. Rabu (29/6).Presiden Jokowi dan Presiden Zelensky saat memberi keterangan pers, usai pertemuan keduanya. Rabu (29/6). (dok.Setpres)