NEWS

Jokowi Dorong Kolaborasi Konkret APEC Untuk Hadapi Tantangan Global

Solidaritas antaranggota APEC harus jadi dasar kerja sama.

Jokowi Dorong Kolaborasi Konkret APEC Untuk Hadapi Tantangan GlobalPresiden dan Ibu Iriana Jokowi menghadiri jamuan makan malam para pemimpin APEC, Kamis (17/11). (dok. Setpres)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

18 November 2022

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong para pemimpin kerja sama ekonomi Asia-Pasifik (APEC) untuk memperkuat kolaborasi konkret dalam menghadapi berbagai tantangan global.

Salah satu kerja sama, menurut Presiden, perlu dilakukan untuk memastikan ketahanan pangan di kawasan. “Dalam jangka pendek, kolaborasi mutlak diperlukan untuk atasi inflasi dan pastikan ketahanan pangan,” ujarnya dalam sesi satu KTT APEC di Bangkok, Jumat (18/11)

Beberapa hal yang bisa dikerjasamakan antara lain teknologi yang inovatif dan digitalisasi, peningkatan produktivitas dan efisiensi sistem pangan, serta kebijakan yang inklusif dan berkelanjutan. Ketersediaan pupuk dan pakan ternak menurutnya juga perlu diperhatikan untuk mencegah krisis pangan menyerang lebih dari tiga miliar masyarakat.

Ekonomi digital

Presiden Jokowi menghadiri KTT APEC 2022 di Bangkok, Thailand.Presiden Jokowi menghadiri KTT APEC 2022 di Bangkok, Thailand. (Tangkapan layar)

Jokowi juga mendorong penguatan kemitraan ekonomi digital berikut transformasinya, demi pemulihan ekonomi yang inklusif. “Kita harus bangun ekosistem ekonomi digital yang ramah bagi UMKM dan startup khususnya melalui penguatan keterampilan dan literasi digital,” katanya.

Kebutuhan digitalisasi ekonomi ini sudah terlihat pada saat pandemi Covid-19 terjadi. Menurutnya, ekonomi digital seperti telemedisin, jasa antar makanan, pembayaran digital, sampai keterlibatan UMKM di marketplace manfaatnya sangat nyata bagi masyarakat saat pandemi melanda.

Ekonomi hijau

Presiden Jokowi menghadiri KTT APEC 2022 di Bangkok, Thailand.Presiden Jokowi menghadiri KTT APEC 2022 di Bangkok, Thailand. (Tangkapan layar)

Related Topics