NEWS

Kemenhub Tambah Kuota Mudik Gratis Lebaran 2022

Kendaraan angkutan mudik ditambah dari 350 jadi 700 unit.

Kemenhub Tambah Kuota Mudik Gratis Lebaran 2022Penumpang bersiap-siap memasuki bus angkutan kota antar provinsi (AKAP) saat mudik ke kampung halaman di Terminal Mengwi, Badung, Bali, Senin (11/4). (ANTARAFOTO/Nyoman Hendra Wibowo)
14 April 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan menambah kuota peserta mudik gratis Lebaran 2022.  Jumlah kuota pemudik  bertambah menjadi 21.000 orang yang dapat diangkut dari kendaraan yang disiapkan Kemenhub, naik dua klai lipat dari sebelumnya sebanyak 10.500 pemudik.

“Mudik gratis ini ada perubahan, kami tambah kuota yang semula 350 unit, kami akan siapkan kendaraan sebanyak 700 (unit). Jadi, dengan 700 kendaraan bus, termasuk juga truk,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi dalam keterangan pers, Rabu (13/4).

Setelah penambahan kuota, truk yang akan mengangkut sepeda motor pemudik, kini dapat memuat hingga 2.000 kendaraan. Fasilitas truk ini akan membawa kendaraan sepeda motor menuju tujuan mudik di sekitar Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Cakupan wilayah mudik gratis

Calon penumpang menunggu kedatangan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Senin (11/4).
Calon penumpang menunggu kedatangan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Senin (11/4). (ANTARAFOTO/Aprilio Akbar)

Budi menyampaikan bahwa  kegiatan mudik gratis akan dilaksanakan muali tanggal 27-29 April 2022. Mudik gratis ini akan memfasilitasi para pemudik dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, menuju sejumlah daerah di Pulau Jawa.

“Nanti ada tambahan ke Jatim di Ngawi. Yang lainnya, Solo, Semarang, Purwokerto, Pemalang, Slawi, Tegal, tentunya juga jadi tujuan mudik gratis. Jabar juga masih sekitar Cirebon, Tasik, Garut, dan Ciamis,” ujar Budi Setiyadi.

Rekayasa lalu lintas mudik Lebaran 2022

Menhub, Budi Karya Sumadi, dalam Rakor bersama Korlantas Polri, Minggu (10/4).
Menhub, Budi Karya Sumadi, dalam Rakor bersama Korlantas Polri, Minggu (10/4). (dok. Kemenhub)

Related Topics