NEWS

Mengenal Rumah Anti Gempa dan Pembangunannya di Indonesia

Rumah anti gempa di Indonesia adalah sebuah urgensi.

Mengenal Rumah Anti Gempa dan Pembangunannya di IndonesiaKerusakan akibat gempa Cianjur. (ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya)
01 December 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Gempa bumi menjadi salah satu ancaman bencana bagi negara yang secara geografis dilalui oleh ring of fire dan banyak patahan seperti Indonesia. Rumah tinggal merupakan salah satu objek paling rentan terkena dampak gempa. 

Untuk mengantisipasi kerugian material akibat gempa, Anda perlu merencanakan konstruksi rumah tahan gempa berdasrkan pedoman Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 

Untuk mengetahui informasi detailnya, Fortune Indonesia coba merangkumnya dalam ulasan berikut seperti melansir rumah.com.

Pengertian rumah anti gempa

rumah
ilustrasi rumah (unsplash.com/ Mihai Moisa)

Definisi rumah anti gempa merujuk pada arti rumah yang dibangun dengan pertimbangan dalam segi keamanan dan kekuatan rumah sehingga mampu berdiri dengan kokoh meski diterjang gempa dahsyat.

Namun, perlu diperhatikan bahwa jenis rumah tahan gempa bukan diciptakan untuk menahan atau menolak efek gempa, melainkan untuk lebih mengurangi risiko kerusakan bangunan akibat terjadinya goncangan seismik serta memudahkan proses evakuasi setelahnya.

Konsep rumah anti gempa

Ilustrasi kepemilikan rumah.
Ilustrasi kepemilikan rumah. (ShutterStock/sommart sombutwanitkul)

Related Topics