NEWS

Miliarder AS: Teknologi AI Percepat Penerapan Kerja 4 Hari Seminggu

Masih harus dikaji secara terukur dan menyeluruh.

Miliarder AS: Teknologi AI Percepat Penerapan Kerja 4 Hari SemingguIlustrasi perangkat AI. Shutterstock/Aumpattarawut
04 April 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Miliarder sekaligus pemilik klub Baseball, New York Mets, Steve Cohen, mengungkapkan bahwa era beKerja empat hari dalam seminggu akan segera tiba. Hal ini didorong oleh pesatnya perkembangan Teknologi AI (Artificial Inteligence).

Cohen mengatakan bahwa perkiraan tersebut tidak didasarkan pada permintaan pekerja, penelitian hasil kerja, atau tren. “Dengan munculnya AI, secara umum, kita mendengar…orang-orang tidak begitu produktif pada hari Jumat, jadi menurut saya ini adalah suatu kemungkinan,” katannya seperti dikutip Fortune.com, Kamis (4/4).

Meski begitu, Cohen menyadari bahwa kerja empat hari dalam seminggu tidak bisa diterapkan langsung ke sejumlah divisi. Mengukur Point72 Asset Management, di mana di perusahaan itu dia menjabat sebagai CEO, masalah bisa terjadi bila manajer dana libur pada Jumat saat pasar mulai buka.

Investasi

ilustrasi bermain golf (pixabay.com/422737)
ilustrasi bermain golf (pixabay.com/422737)

Cohen mengungkapkan, libur di hari Jumat bisa jadi hari untuk berinvestasi pada hobi yang mendatangkankan keuntungan bagi kesejahteraan diri dan tempat bekerja. Jika masyarakat pada akhirnya memiliki lebih banyak waktu untuk diri mereka sendiri, “Apa pun… rekreasi, perjalanan, pengalaman” akan menjadi area investasi yang kuat, katanya.

Diketahui, Cohen memiliki kekayaan bersih mendekati US$20 miliar, atau sekitar Rp317,91 triliun (kurs Rp15.895,43 per dolar AS). Pada tahun 2020, ia dapat 95 persen kepemilikan di New York Mets dengan nilai lebih dari US$2,4 miliar—penjualan terbesar yang pernah ada di Major League Baseball.

Tahun lalu, Cohen memperoleh hak atas tim yang berbasis di New York di TGL, liga golf berteknologi tinggi yang dimulai oleh Rory McIlroy dan Tiger Woods yang bekerja sama dengan PGA. Sementara pada Januari 2024, Cohen dilaporkan menginvestasikan US$3 miliar dalam PGA Tour.

“Bahkan, jika tidak ada waktu untuk bekerja empat hari dalam seminggu, saya pikir saya akan tetap melakukan investasi golf, karena saya pikir ada pemikiran jangka panjang,” kata Cohen.

Pendapat lain

Ilustrasi pekerja
Piqsels

Related Topics