NEWS

Permintaan Tinggi, Mendag Ungkap Jurus Lindungi Pasar Kosmetik Lokal

Industri kosmetik lokal harus siap rambah ekspor.

Permintaan Tinggi, Mendag Ungkap Jurus Lindungi Pasar Kosmetik LokalMendag Zulkifli Hasan saat membuka Jakarta X Beauty 2023, Kamis (14/12). (dok. Kemendag).
15 December 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan, permintaan produk sektor kecantikan dan kosmetik jauh lebih tinggi dibandingkan pasokannya. Hal ini berpeluang menyebbakan Indonesia dibanjir produk impor, sehingga perlu dilakukan langkah untuk melindungi Industri Kosmetik lokal.

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas), menyampaikan bahwa pemerintah memastikan bahwa Indonesia hanya menjadi tidak hanya dijadikan pasar oleh brand kosmetik dunia. “Sebisa mungkin kami tata, sehingga barang-barang kecantikan dari luar negeri tidak menyerbu industri kita di dalam negeri,” katanya seperti dikutip dari laman resmi Kemendag, Jumat (15/12).

Permintaan produk kosmetik pada periode 2018—2022 diperkirakan mencapai 5,13 persen, dengan penawaran hanya 4,03 persen. Hal ini bisa mendorong berbagai produsen kosmetik global yang besar, semakin ekspansif memasarkan produknya, termasuk ke Indonesia. Pada titik tertentu, serbuan ini dikhawatirkan akan mengancam para pelaku industri kosmetik dalam negeri.

Penguatan regulasi

Salah satu brand kosmetik lokal dalam ajang Cosmetik Day.
Salah satu brand kosmetik lokal dalam ajang Cosmetik Day (dok. Kementerian Perindustrian)

Untuk melindungi industri kosmetik di pasar Tanah Air, menurutnya pemerintah perlu melakukan sejumlah pembatasan, seperti regulasi persyaratan bagi produk kecantikan dari luar negeri yang ingin masuk ke Indonesia. “Harus ada izin edar, kemudian harus ada jaminan kalau orang beli, terus ada  masalah, bagaimana komplainnya,” ujar Zulhas.

Hadirnya, Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31/2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan,dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik, kata Mendag, diharapkan dapat mengatur ekosistem perdagangan dan memberi ruang usaha bagi produk lokal untuk bisa terus berkembang lebih pesat.

Ekpansi pasar

Ilustrasi kosmetik. Shutterstock/5 second Studio

Related Topics