NEWS

Komoditas Global Anjlok, Jokowi: Pemerintah Tak Bisa Intervensi Pasar

Harga naik dan turun karena situasi global yang tak pasti.

Komoditas Global Anjlok,  Jokowi: Pemerintah Tak Bisa Intervensi PasarPresiden Jokowi dalam kunjungannya ke pasar Jailolo, Maluku Utara. (Tangkapan layar)
28 September 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa pemerintah tak bisa mengintervensi mekanisme pasar dalam merespons naik turunnya harga komoditas di pasar internasional.

Respons ini diungakpkan Jokowi usai menerima pertanyaan mengenai turunnya harga komoditas Kopra di Maluku Utara. “Sama dengan CPO kelapa sawit, sama seperti dulu waktu sawit jatuh, kopra juga sama,” ujarnya dalam keterangan pers saat mengunjungi Pasar Rakyat Jailolo, Halmahera Barat, Rabu (28/9).

Jokowi mengaku sudah bertemu dengan beberapa petani Kopra yang mengeluhkan turunnya harga Kopra di level petani. “Saya mau cek detail seperti apa problemnya, kalau memang (bisa), pemerintah akan mengintervensi, tapi mekanisme pasar tidak bisa diintervensi,” ujarnya.

Diketahui, harga kopra di Maluku Utara anjlok. Komoditas lokal Halmahera ini sebelumnya dihargai Rp7.500 per kilogram, namun turun menjadi Rp4.000 per kilogram per 26 September. Beberapa petani mengeluhkan, penurunan harga di petani ini akibat harga pabrik Kopra di Surabaya yang juga mengalami penurunan.

Naik turunnya harga komoditas

Kopra.
Kopra. (Wikimedia Commons)

Jokowi menyebut, saat ini terdapat beberapa komoditas yang turun, namun juga banyak yang naik. “Sekarang yang banyak naik batu bara, CPO (Crude palm oil), nikel. Nah, ini pas kopranya turun, belum tentu nanti (seterusnya), nanti akan naik, karena situasi dunia yang tidak pasti,” ucapnya.

Untuk memantau situasi di lapangan, Jokowi mengaku bakal meninjau langsung ke pasar-pasar di wilayah luar Jawa. “Untuk melihat hal-hal yang berkaitan dengan perdagangan lokal, salah satunya pasar,” katanya.

Kopra merupakan daging buah kelapa yang dikeringkan dan berguna untuk diolah kembali menjadi berbagai produk turunan, seperti margarin maupun minyak goreng kelapa. Komoditas ini merupakan produk unggulan ekspor Indonesia dan menjadi sumber perkebunan utama di Maluku Utara.

Pertumbuhan ekonomi di atas rata-rata nasional

Presiden Jokowi dalam kunjungannya ke pasar Jailolo, Maluku Utara.
Presiden Jokowi dalam kunjungannya ke pasar Jailolo, Maluku Utara. (Tangkapan layar)

Related Topics