NEWS

Tengahi Konflik, Jokowi Dijadwalkan Bertemu Putin dan Zelensky

Kunjungan dilakukan sebagai upaya mendamaikan kedua negara

Tengahi Konflik, Jokowi Dijadwalkan Bertemu Putin dan ZelenskyPresiden Joko Widodo. (dok. Setkab)
23 June 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE –Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan mengunjungi Rusia dan bertemu Presiden Vladimir Putin, sekaligus ke Ukraina guna bertemu Presiden Volodymyr Zelensky. Lawatan ini akan dilakukan usai Jokowi menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Jerman, pada 26-27 Juni mendatang.

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, mengatakan rencana lawatan Jokowi ke Rusia dan Ukraina adalah dalam rangka mengupayakan perdamaian kedua negara yang sedang berseteru. 

“Kunjungan Presiden ini menunjukkan kepedulian terhadap isu kemanusiaan, mencoba memberikan kontribusi untuk menangani krisis pangan yang diakibatkan karena perang dan dampaknya dirasakan oleh semua negara terutama negara berkembang dan negara dengan penghasilan rendah, dan terus mendorong spirit perdamaian,” ujarnya dalam keterangan pers Kemenlu, Rabu, (22/6).

Retno berpendapat, di tengah pemulihan ekonomi dunia akibat Covid-19, Rusia dan Ukraina berperang. Hal ini pun memperburuk dampak yang sudah ditimbulkan oleh Covid-19, karena Ukraina dan Rusia memiliki peran krusial dalam rantai pasok pangan serta energi global.

Presiden memilih untuk tidak diam

Ilustrasi Konflik rusia-ukraina. Shutterstock/Tomasz Makowski

Retno mengatakan, kunjungan ini dilakukan dalam situasi yang tidak normal dan sangat complicated. Namun, hal ini dilakukan guna membantu proses perdamaian kedua negara. 

“Meski situasinya sulit dan masalahnya kompleks, sebagai Presiden G20 dan satu satu anggota Champion Group dari Global Crisis Response Group yang dibentuk Sekjen PBB, Presiden Jokowi memilih untuk mencoba berkontribusi, tidak memilih untuk diam,” katanya.

Bila terlaksana, Presiden Jokowi akan menjadi pemimpin negara Asia pertama yang mengunjungi Ukraina, setelah serangan pertama Rusia ke negara tersebut pada pertengahan Februari lalu. Sedangkan, terkait Rusia, Jokowi menjadi satu dari sebagian kecil pemimpin Asia mendatangi negara tersebut pasca pecahnya perang.

Dampak akibat konflik Rusia-Ukraina terhadap rantai pasok

Presiden Rusia Vladimir Putin

Related Topics