NEWS

Terima Delegasi US-ABC, Jokowi Bahas Mobil Listrik hingga Energi

Kolaborasi penting di tengah pergolakan geopolitik.

Terima Delegasi US-ABC, Jokowi Bahas Mobil Listrik hingga EnergiPresiden Jokowi menerima kunjungan delegasi dari US-ABC di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Kamis (25/5). (dok. Setkab)
26 May 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima delegasi US-ASEAN Business Council (US-ABC) di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Kamis (25/5). Pertemuan tersebut membahas berbagai kemajuan kerja sama, baik di bidang investasi maupun hubungan perdagangan antara Amerika Serikat (AS) dan Indonesia.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani, mengatakan, ada lebih dari 30 perusahaan yang tergabung dalam US-ABC menghadap Presiden Jokowi. “Mereka mendukung prioritas kebijakan dari pemerintahan Presiden Jokowi,” ujarnya dalam keterangan pers, Kamis (25/5).

Secara umum, Jokowi menyampaikan pentingnya penguatan kemitraan dan kerja sama global dengan semua pihak di tengah pergolakan geopolitik saat ini. “Sesuai dengan tujuan kita untuk terus meningkatkan ekonomi kita, kemandirian ekonomi kita, dan pada saat yang sama kerja sama di antara berbagai negara di dunia,” ujar Sri Mulyani.

Ekosistem kendaraan listrik

Proses charging mobil listrik.
Proses charging mobil listrik. (ShutterStock/buffaloboy)

Pertemuan tersebut juga membahas mengenai upaya pemerintah meningkatkan ekosistem dari industri kendaraan listrik listrik, seiring dengan melimpahnya sumber daya mineral sebagai pendukung ekosistem tersebut.

“Yang kedua, bagaimana Indonesia bisa juga mendapatkan fasilitas untuk masuk di dalam pasar electric vehicle di Amerika Serikat dan bagaimana kita bisa meningkatkan peranan dan juga kemampuan untuk menarik investasi,” ujar Menkeu.

Presiden Jokowi, akan terus memastikan transformasi ekonomi terus berjalan, baik di bidang hilirisasi, untuk terus perkuat ekosistem electric vehicle. “Juga dari sisi sustainable energy, termasuk energy transition, dan juga untuk terus mendukung pembangunan IKN,” katanya.

Industri energi

Emisi karbon
ilustrasi emisi karbon (unsplash.com/Anne Nygård)

Related Topics