NEWS

Tips Aman Mengendarai Motor Listrik di Musim Hujan

Pada dasarnya baterai motor listrik dirancang cukup aman.

Tips Aman Mengendarai Motor Listrik di Musim Hujanilustrasi motor listrik (unsplash.com/Ather Energy)
08 December 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNEMusim Hujan sudah tiba, Anda pengguna kendaraan pribadi perlu melakukan sejumlah persiapan agar kendaraan Anda tetap bisa digunakan dalam kondisi prima. Bagaimana dengan Motor Listrik?

Laman Selis.co.id menuliskan motor listrik sebenarnya sudah disiapkan untuk menghadapi segala risiko, termasuk hujan, bahkan banjir. Dengan demikian, pengguna motor listrik tidak perlu khawatir tentang sistem kelistrikan kendaraannya, meski dalam situasi hujan.

Posisi baterai pada motor listrik pada umumnya terletak di tempat yang tertutup dan aman sehingga air tidak akan rembes.

Selama air tidak mengenai bagian tersebut, maka semuanya aman. Baterai motor listrik biasanya juga sudah dilapisi dengan plastik atau aluminium yang bukan merupakan penghantar listrik. Jadi, jika terjadi risiko korsleting, maka tegangannya tidak akan menyetrum penggunanya melainkan akan langsung mengenai baterai atau kontroler.

Namun, berbeda jenama motor listrik, berbeda pula kualitas dan ketangguhannya menghadapi cuaca hujan. Oleh sebeb itu, berikut ini Fortune Indonesia akan mengulas beberapa tips yang bisa diterapkan pengguna motor listrik, saat musim hujan.

Hindari genangan air yang tinggi

Pengguna tidak disarankan untuk melewati banjir dengan tekanan air yang tinggi. Baik motor listrik maupun motor bensin sebaiknya menghindari genangan air yang tinggi, karena tekanan air banjir bisa mengganggu kinerja bagian dalam pada motor.

Air yang masuk ke sela-sela komponen baterai jelas bisa merusak dan mengakibatkan mogok. Padahal, baterai adalah komponen utama motor listrik dan memiliki harga yang sampai saat ini masih sangat mahal di Indonesia.

Sehingga, sebaiknya hindari menerobos banjir dengan genangan air yang cukup tinggi, misalnya di atas 30 cm.

Pastikan daya baterai aman

Pastikan juga kondisi baterai sudah terisi penuh dan cukup pada saat dipakai saat hujan, agar motor yang dikendarai kondisinya tetap prima saat digunakan melintasi hujan.

Hal ini bukan saja penting untuk memastikan kondisi motor prima di tengah hujan, namun juga membuat Anda selalu tenang dan nyaman selama perjalanan.

Kondisi kendaraan basah akibat hujan, bisa saja merusak setiap komponen baterai di motor listrik. Oleh sebab itu, perhatian Anda perlu ditambah lebih teliti dan sering lagi pada kondisi daya baterai. Bila daya atau kualitas baterai mulai bermasalah, sebaiknya segera hubungi bengkel atau layanan servis jenama motor listrik Anda.

Related Topics