NEWS

WHO Dorong Negara-Negara Bersepakat Hadapi Ancaman Disease X

Disease X selanjutnya bisa 20 kali lebih bahaya dari Covid.

WHO Dorong Negara-Negara Bersepakat Hadapi Ancaman Disease XIlustrasi Virus Covid-19. (Pixabay/MiroslavaChrienova)
25 January 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendorong negara-negara di dunia bersepakat menghadapi pandemi baru, ‘Disease X’.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Ghebreyesus, mengatakan  ‘Disease X’ atau penyakit X adalah virus dengan hipotetis yang belum terbentuk, namun para ilmuwan mengatakan penyakit ini bisa 20 kali lebih mematikan daripada Covid-19.

“Ada hal-hal yang tidak diketahui yang mungkin terjadi, dan apa pun yang terjadi adalah soal kapan, bukan apakah,” ujarnya di hadapan World Economic Forum (WEF), seperti dikutip dari Fox News, Kamis (25/1).

Mengingat Covid-19 adalah salah satu jenis ‘Disease X’, maka diperlukan kesiapan dari para pemimpin negara di dunia, agar epidemi internasional yang berdampak serius tidak perlu terjadi lagi. “Perjanjian pandemi ini dapat menyatukan seluruh pengalaman, seluruh tantangan yang kita hadapi, dan seluruh solusi menjadi satu,” kata Tedros.

Perjanjian bersama

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus.
Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. (unmultimedia.org)

Dalam acara WEF di Davos (17/1), Tedros menegaskan bahwa kesepakatan dalam rupa perjanjian antaranegara ini dibutuhkan, dan batas waktu penandatanganannya adalah Mei 2024. "Lebih baik mengantisipasi sesuatu yang mungkin terjadi karena sudah sering terjadi dalam sejarah kita, dan bersiap menghadapinya,” ujarnya.

Perjanjian bersama ini, berisi sejumlah kesepakatan yang merupakan respons kesiapsiagaan, seperti sistem peringatan dini, pengorganisasian rantai pasokan, dan upaya memajukan penelitian, serta pengembangan untuk menguji obat-obatan.

Selain itu, pelayanan kesehatan primer juga perlu diperhatikan, agar perihal seperti pelacakan kontak penyebaran bisa berjalan dengan baik.

Tedros bersama sejumlah pemimpin negara di WEF, menegaskan bahwa tujuan utama dari perjanjian ini adalah untuk mendorong pendekatan seluruh pemerintah dan seluruh masyarakat, memperkuat kapasitas nasional, regional dan global serta ketahanan terhadap pandemi di masa depan.

Apa itu Disease X?

Simbol World Health Organization (WHO).
Simbol World Health Organization (WHO). (Pixabay/Padrinan)

Related Topics