NEWS

Visi Utomo Bersaudara untuk Ikut Membangun Creators Economy Indonesia

Saluran media belum cukup menjangkau generasi muda.

Visi Utomo Bersaudara untuk Ikut Membangun Creators Economy IndonesiaDok. IDN Media
08 August 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Lahir dan besar di Surabaya, Winston Utomo dan William Utomo merupakan dua bersaudara yang telah mengukir namanya dalam industri teknologi melalui pendirian IDN Media.

Kedua sosok dinamis itu menuangkan berbagai ide inovatif dan inisiatif besar di IDN Media, perusahaan media platform untuk Millennial dan Gen Z di Indonesia dengan visi mendemokratisasi informasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat. 

Perjalanan keduanya dimulai pada 2014 ketika mereka menyadari adanya kesenjangan informasi dalam industri media di Indonesia.

Mereka menyadari bahwa saluran media belum cukup menjangkau generasi muda, yang saat itu kian beralih ke media digital untuk mencari informasi dan hiburan.

Menimbang maraknya fenomena tersebut, Winston dan William pun memutuskan untuk membangun perusahaan media digital dengan tujuan untuk mendemokratisasi akses informasi yang berkualitas, serta tumbuh menjadi salah satu perusahaan media digital terbesar di Indonesia yang menawarkan berbagai solusi digital berbasis data dan tren terkini.

Inovasi dalam mengembangkan platform live streaming

Salah satu pencapaian IDN Media yang paling signifikan adalah pengembangan aplikasi IDN, sebuah one-stop content platform untuk generasi Millennial dan Z, yang telah menjadi pelopor dalam industri live streaming di Indonesia melalui fitur IDN Live.

IDN Live hadir bagi content creator untuk live streaming, berinteraksi dua arah untuk menjangkau audiens yang lebih luas, serta memonetisasi konten yang dimilikinya. Tidak hanya fitur live streaming, aplikasi IDN memberikan akses untuk konten berita, film dan kuis, yang menjadikannya sangat populer di kalangan generasi Millennial dan Z untuk memenuhi kebutuhan akses informasinya.

Aplikasi tersebut berperan penting dalam menghadirkan era baru dalam industri media dan live streaming di Indonesia, yang pada akhirnya  menjadi bukti nyata dari visi dan inovasi serta komitmen yang dipegang teguh oleh Winston dan William.

Potensi besar ekosistem creators economy

Selain aplikasi IDN, IDN Media juga memiliki Indonesia Creators Economy (ICE), agensi content creator yang menyediakan one-stop service.

Tidak hanya membantu mitra brand memilih content creator yang tepat untuk menjalankan campaign, ICE juga menyediakan layanan mulai dari talent management, content creation, hingga monetization support.

Sejak berdiri pada 2017 hingga kini, ICE telah menghasilkan 13.000 campaign, dan dipercaya oleh lebih dari 500 brand untuk menangani marketing campaign mereka.

Melalui ICE, Winston dan William berkomitmen untuk terus memberdayakan para content creator dan menciptakan kolaborasi yang saling menguntungkan dengan mitra brand untuk menjangkau audiens lebih luas.

Related Topics