NEWS

Daftar Kode Plat Nomor di Indonesia, Paling Lengkap!

Identitas kendaraan bermotor setiap daerah

Daftar Kode Plat Nomor di Indonesia, Paling Lengkap!Ilustrasi plat nomor (Unsplash/Maxim Mushnikov)
24 April 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Daftar kode plat nomor di Indonesia ternyata memiliki ciri khas masing-masing pada setiap daerah. Jika diperhatikan lebih dekat, setiap kendaraan bermotor memiliki kode plat nomor yang berada di bagian depan dan belakang. 

Kode tersebut dipakai sebagai tanda pengenal atau identifikasi kendaraan bermotor. Setiap huruf dan angka yang tertera di sana bersifat unik dan memudahkan dalam pencarian informasi mengenai pemilik kendaraan bermotor.

Lantas, apa saja daftar kode plat nomor yang ada di Indonesia? Berikut penjelasan mengenai pengertian hingga rincian kode yang dipakai setiap daerah di seluruh Indonesia.

Apa itu kode plat nomor?

Kode plat nomor adalah identitas kendaraan bermotor. Kode tersebut juga dikenal sebagai Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) yang merupakan tanda regident kendaraan bermotor.

Fungsinya sebagai bukti legitimasi pengoperasian kendaraan bermotor berupa plat yang diterbitkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Pada setiap daftar kode plat nomor di Indonesia, baris pertamanya terdapat kode wilayah untuk bagian depan dan belakang dan nomor registrasi. Masa berlaku plat nomor diletakkan pada baris kedua dalam format bulan dan tahun.

Asal usul kode plat nomor di Indonesia

Asal usul kode plat nomor di Indonesia tidak bisa lepas dari zaman kolonial. Kala itu, ada cukup banyak pasukan Inggris yang datang ke Indonesia, terutama Batavia dalam perebutan kekuasaan dengan pasukan Belanda.

Total ada 26 batalion yang diberi nama dengan huruf dari A hingga Z. Dalam upaya perebutan tersebut, pasukan Inggris pun menyebar ke beberapa daerah di Indonesia. 

Setiap daerah yang ditempati setiap pasukan dikenali sesuai dengan kode batalion masing-masing. Mulai dari sana, pemberian kode pada setiap daerah mulai dikenal.

Bahkan, plat nomor sesuai dengan penamaan batalion ditetapkan bagi setiap kereta kuda di setiap daerah masing-masing.

Pada akhirnya, pemakaian kode plat tersebut diadopsi di seluruh daerah di Indonesia. Daftar kode plat di Indonesia telah disesuaikan dengan peraturan yang berlaku.

Related Topics