NEWS

5 Provinsi Penghasil Gula Terbanyak, Unggul dalam Produksi!

Pemimpin industri gula di Indonesia

5 Provinsi Penghasil Gula Terbanyak, Unggul dalam Produksi!Ilustrasi tebu (pexels/Adrienne Andersen)
29 April 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Salah satu komoditas perkebunan yang berperan dalam perekonomian Indonesia adalah gula. Hasil perkebunan banyak dimanfaatkan untuk memenuhi permintaan pasar dalam ataupun luar negeri.

Dilansir Statistik Indonesia 2024 yang dibuat oleh Badan Pusat Statistik (BPS), produksi tebu berada di posisi 2,2 juta ton tahun 2023. Dibandingkan dengan tahun 2022, produksi tebu memperlihatkan penurunan dari 2,4 juta ton.

Meskipun begitu, produksi tebu untuk gula masih berada di angka rata-rata 2 juta produksi gula setiap tahunnya. Di antara beberapa tempat produksi gula di Indonesia, ada beberapa daerah yang banyak diandalkan sebagai penghasil tebu terbesar.

Berikut beberapa Provinsi Penghasil Gula terbanyak berdasarkan jumlah produksi tebu di Indonesia.

1. Jawa Timur

Di posisi teratas, provinsi Jawa Timur berhasil mengamankan tempatnya pada peringkat pertama. Pada tahun 2023, Jawa Timur berhasil memproduksi tebu sebanyak 1,1 juta ton. Dengan volume produksi tersebut, Jawa Timur menjadi provinsi penghasil gula terbanyak di Indonesia.

Jika dibandingkan dengan tahun 2022, produksi tebu di Jawa Timur cukup stabil di angka 1 juta ton per tahun. Menariknya, Jawa Timur menyumbang produksi gula sebanyak 49,55 persen dari hasil produksi gula nasional di tahun 2022.

Sudah sejak lama Jawa Timur memang dikenal sebagai produsen gula terbesar. Pasalnya, hampir 73 persen pabrik gula di Indonesia berada di Jawa Timur. Untuk lahan, Jawa Timur mengalokasikan sebesar 227 ribu hektare sebagai perkebunan gula.

2. Lampung

Bergeser ke pulau Sumatera, provinsi Lampung sukses membawa namanya di peringkat kedua setelah Jawa Timur. Untuk volume produksinya, Lampung tidak mau kalah yang lain dengan total produksi 648 ribu ton di tahun 2023. 

Lahan seluas 141,2 ribu hektare dimanfaatkan sebagai kawasan perkebunan tebu di Lampung. Salah satu produsen gula tebu terbesar di Indonesia juga memiliki area perkebunan tebu di Lampung, yaitu PT Sugar Group Companies.

Hingga saat ini, total ada tiga anak perusahaan yang berperan sebagai produsen gula yang tersebar di Lampung. Ada PT Gula Putih Mataram, PT Sweet Indo Lampung, dan PT Indolampung Perkasa (ILP). Perusahaan tersebut banyak berlokasi di Lampung Tengah dan Tulang Bawang.

Dikenal akan produksi gula kristal putihnya, perseroan ini kerap mendistribusikan produknya lebih dari 12 provinsi di seluruh Indonesia.

Related Topics