NEWS

Resmi Ditutup di RI, Begini Cara Refund Dana TikTok Shop

TikTok Shop dihentikan mulai 4 Oktober 2023.

Resmi Ditutup di RI, Begini Cara Refund Dana TikTok Shopilustrasi TikTok (unsplash.com/Hello I'm Nik)
05 October 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Cara refund dana TikTok Shop menjadi pertanyaan usai TikTok Shop resmi ditutup pada 4 Oktober 2023 pukul 17.00 WIB.

Hal tersebut diumumkan oleh TikTok melalui laman resminya pada Selasa, 3 Oktober 2023.

"Kami tidak akan lagi memfasilitasi transaksi e-commerce di dalam TikTok Shop Indonesia, efektif per tanggal 4 Oktober, pukul 17.00 WIB," tulis TikTok.

Sebelum resmi ditutup, para pedagang atau seller di TikTok Shop juga menerima pemberitahuan terkait penutupan layanan e-commerce pada TikTok.

Keputusan penutupan TikTok Shop juga terkait dengan aturan pemerintah melalui Permendag 31 Tahun 2023 yang diteken pada Selasa, 26 September 2023. Pada salah satu poinnya melarang media sosial berperan ganda sebagai e-commerce.

Lalu, bagaimana dampaknya bagi pengguna yang terlanjur bertransaksi di TikTok Shop? Tentunya para pembeli harus mengajukan pengembalian dana alias refund. TikTok menyampaikan tata cara refund transaksi TikTok Shop lewat laman FAQ di situs resminya. Berikut ini cara refund dana TikTok Shop.

Cara refund dana TikTok Shop

Cara refund dana TikTok Shop adalah dengan membuka antarmuka (interface) pembelian (order) pada fitur TikTok Shop dalam aplikasi TikTok. Selanjutnya, pilih ikon 'Shop' di bawah aplikasi dan lalu klik 'Orders.'

Ketika pengguna masuk ke laman detail order, pilih 'Request refund/return' dan kemudian klik 'refund'. Setelah itu, penggguna akan diminta memilih alasan pengembalian dana tersebut. Selanjutnya, klik 'Submit.'

Status return/refund bisa diketahui ketahui pada antarmuka order. Pengembalian dana baru akan diproses setelah seller atau penjual menyetujui permintaan refund dari pembeli. 

Masa refund dana di TikTok Shop

Adapun durasi atau masa pengembalian dana dari barang yang kamu beli tergantung dari metode pembayaran. Berikut informasi pengembalian dana dan durasi waktu yang dibutuhkan.

  • Transfer bank (3-5 hari kerja)
  • Uang tunai/COD (2-3 hari kerja)
  • Kredit/Debit via Worldplay (7-14 hari kerja)
  • E-wallet DANA/OVO/ShopeePay/GoPay (1-2 hari kerja)

Demikian informasi cara refund dana TikTok Shop. Semoga membantu Anda.

Related Topics