NEWS

Wow! Kekayaan Elon Musk Lampaui Exxon Mobil hingga Toyota

Kekayaan Elon Musk melonjak Rp509,85 Triliun dalam sehari.

Wow! Kekayaan Elon Musk Lampaui Exxon Mobil hingga ToyotaCEO Tesla, Elon Musk. (ShutterStock_Nick Raille 07)
27 October 2021
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

New York, FORTUNE - Nilai kekayaan pribadi CEO Tesla, Elon Musk melonjak US$ 36,2 miliar atau setara Rp509,85 triliun (kurs Rp14.162) pada Senin (25/10). Melansir Bloomberg, peristiwa ini menjadi rekor baru kenaikan satu harian terbesar dalam sejarah Bloomberg Billionaires Index. 

Pundi-pundi orang terkaya di planet ini melesat terjadi setelah Hertz Global Holdings Inc memesan 100.000 unit Tesla dan adanya serangkaian opsi baru dalam paket pembayaran bulannya.

Lonjakan ini bahkan melampaui kenaikan satu hari senilai US$ 32 miliar yang pernah ditorehkan taipan Tiongkok Zhong Shanshan tahun lalu ketika perusahaan air minum kemasannya, Nongfu Spring Co., go public.

Lampaui kekayaan Jeff Bezos

Bloomberg Billionaire Index mencatat, nilai kekayaan Elon Musk saat ini sebesar US$289 miliar atau sekitar Rp 4.074,8 triliun. Jumlah tersebut melampaui kapitalisasi pasar perusahaan minyak terkemuka, Exxon Mobil yang sebesar 272 miliar dollar AS atau sekitar Rp 3.835,2 triliun. Bukan itu saja, kekayaan Elon Musk juga melampaui kapitalisasi pasar perusahaan global lain yang sudah lama eksis, seperti McDonalds hingga Toyota.

Tak hanya itu, saham Tesla Inc mengalami kenaikan sebesar 13 persen di tengah berita pesanan Hertz. Kondisi itu mendorong nilai pasarnya melewati US$ 1 triliun. Sekitar dua pertiga dari kekayaan bersih Musk terkait langsung dengan saham dan opsi di perusahaan mobil listrik, di mana ia adalah salah satu pendiri dan CEO.

Nilai kekayaan Musk semakin menjauhi rekan sesama mega-miliarder dalam hal ukuran kekayaannya. Jeff Bezos dari Amazon.com Inc menempati urutan kedua dengan nilai kekayaan US$ 192,6 miliar.

Siap jadi triliuner pertama di dunia

Lonjakan harta membuat Elon Musk kini bersiap merebut gelar triliuner pertama di dunia. Kekayaan bersih Tesla dan CEO SpaceX pun telah meningkat sebesar US$ 60 miliar tahun ini saja, didorong oleh kinerja kuat produsen mobil listrik dan penjualan saham baru-baru di SpaceX.

Menurut Bloomberg, pabrikan mobil milik Elon Musk menjadi perusahaan swasta paling berharga kedua di dunia, dan perjanjian SpaceX dengan investor menambah dana senilai US$ 11 miliar terhadap kekayaan Musk.

Bezos, yang kekayaan pribadinya sebagian besar berada di saham Amazon, sering bertukar tempat dengan Musk di Billionaires Index tahun ini, bergantung pada kinerja saham.

Namun, masih belum dipastikan betul Musk bisa menjadi triliuner. Jika dia berhasil menjadi triliuner, itu mungkin bukan karena kesuksesan Tesla. 

“Lebih dari satu klien telah memberitahu kami jika Elon Musk menjadi triliuner pertama, tetapi itu bukan karena Tesla,” kata analis lembaga keuangan Amerika Serikat (AS) Morgan Stanley Adam Jonas, kepada The Guardian pekan lalu.

Menurut Jonas, yang membawa Musk menjadi triliuner adalah SpaceX. “Yang lain mengatakan SpaceX, pada akhirnya mungkin menjadi perusahaan yang paling bernilai tertinggi di dunia dalam industri apa pun,” ujar dia.

Related Topics