NEWS

Dorong ESG, PIS Tanam Mangrove dan Transplantasi Terumbu Karang

Kegiatan ini merupakan rangkaian AOCEAN Summit 2023

Dorong ESG, PIS Tanam Mangrove dan Transplantasi Terumbu Karangdok. Pertamina International Shipping (PIS)
12 August 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Perwira muda Sub Holding Integrated Marine Logistics (SH IML) PT Pertamina International Shipping (PIS) merealisasikan komitmennya menjaga kelestarian laut dan lingkungan hidup, melalui penanaman 1.000 mangrove dan transplantasi terumbu karang (coral plantation) di Kepulauan Seribu, Jakarta.

Kegiatan penanaman mangrove dan tranplantasi terumbu karang ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan AOCEAN Summit 2023, yang digelar oleh komunitas Agent of Change (AoC) SH IML PIS dengan tajuk “Make Waves, Make Changes” yang berlangsung pada 3-4 Agustus 2023. 

Corporate Secretary PIS Muhammad Aryomekka Firdaus, mengatakan aktivfitas ini merupakan bentuk dukungan SH IML dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), khususnya pada aspek Penanganan Perubahan Iklim dan Ekosistem Lautan.

"Kegiatan ini juga sejalan dengan penerapan prinsip prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) di seluruh lini bisnis SH IML sebagai bagian dari keluarga besar Pertamina Group,” kata dia dalam keterangann, Sabtu (12/8).

Penanaman mangrove dan transplantasi terumbu karang ini dilakukan dengan menggandeng Yayasan Penyelam Lestari Indonesia atau Divers Clean Action (DCA). Selain melakukan aksi menanam 1.000 mangrove dan coral transplantation, terdapat juga edukasi mengenai mikroplastik yang ada di sekitar masyarkat.

Harapannya kegiatan "Sehari Menjadi Ranger" ini, bisa meningkatkan semangat volunterisme untuk memberikan dampak positif terhadap keberlanjutan lingkungan di wilayah kerja SH IML.

Adapun rangkaian kegiatan AOC Summit 2023 merupakan agenda tahunan sebagai ajang menyatukan pemikiran untuk mendukung transformasi di lingkungan Subholding IML. Kegiatan ini sekaligus ajang bersilaturahmi sekaliguss wadah pertukaran ide-ide untuk perubahan yang lebih baik.

Pertumbuhan kinerja

Sepanjang semester I 2023, PIS yang merupakan Sub Holding Integrated Marine Logistics (SH IML) PT Pertamina (Persero) mencetak laba sebesar US$138,5 juta, naik 93 persen dibanding periode serupa tahun lalu yang sebesar US$71,7 juta. Adapun, perolehan realisasi laba semester I ini mencapai 63,7 persen dari target RKAP 2023.

“Selama 2022, SH IML telah mencetak sejumlah prestasi yang membanggakan. Kesuksesan ini berlanjut di 2023 dengan program transformasi dan digitalisasi yang dijalankan. Apresiasi untuk seluruh Perwira yang telah mendukung program transformasi dan memberikan kinerja terbaiknya untuk SH IML,” ujar CEO PIS Yoki Firnandi, Rabu (9/8). 

Kenaikan laba ini didorong oleh kenaikan pendapatan, yang mana selama pertengahan tahun pertama ini PIS membukukan sebesar US$1,61 miliar, tumbuh 30 persen dibanding semester pertama tahun 2022 sebesar US$1,24 miliar. 

Begitu pula dengan EBITDA, yang juga tercatat naik 26 persen dari US$364,4 juta di semester pertama tahun lalu menjadi US$458,4 juta. 

“Inisiatif transformasi yang dijalankan oleh fungsi fungsi tim SH IML yang turut  berkontribusi terhadap penambahan pendapatan yang berdampak pada EBITDA,” katanya. 

Transformasi yang dijalankan di operasi misalnya dalam hal optimalisasi rantai pasokan komoditas sukses mengoptimalkan tonase dan pengurangan konsumsi bunker yang berujung pada efisiensi.  

Sedangkan dari sisi armada di mana kapal-kapal milik PIS menggandeng ship management kelas dunia untuk mendorong kapabilitas kru kapal sesuai dengan standar internasional. “Ini terbukti jumlah kapal yang lolos sertifikasi seperti Paris MOU dan yang lolos Ship Inspection Report Programme (SIRE) bertambah. Artinya, kapal kita semakin banyak diterima di pasar internasional," ujarnya. 

Related Topics