NEWS

Minimal Rp 1juta, Pemerintah Tawarkan SR015 dengan Kupon 5,1%

Pemerintah tawarkan alternatif investasi yang aman

Minimal Rp 1juta, Pemerintah Tawarkan SR015 dengan Kupon 5,1%Dok. Shutterstock/Mahardika Argha
by
25 August 2021
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko (DJPPR) Kementerian Keuangan membuka penawaran untuk sukuk ritel seri SR015 dengan tingkat imbalan atau kupon tetap sebesar 5,10 persen per tahun serta masa tenor selama tiga tahun. Salah satu tujuan penerbitan SR015 adalah untuk menyediakan alternatif investasi yang aman, menguntungkan dan likuid bagi masyarakat.

“Pada hari ini kami membuka masa penawaran sukuk ritel SR015 yang merupakan penerbitan sukuk ritel kedua tahun 2021 setelah SR014 pada bulan Maret tahun 2021 yang lalu,” kata dia Sekretaris DJPPR Kemenkeu Iyan Rubiyanto dalam penerbitan SR015 secara virtual, Jumat (20/8).

Selain itu, tujuan penerbitan sukuk ritel ini adalah memperluas basis investor di pasar domestik, mendukung pengembangan pasar keuangan syariah, dan memperkuat pasar modal Indonesia dengan mendorong transformasi masyarakat dari saving-oriented society menuju investment-oriented society.

1 . Pembelian dilakukan secara daring dengan minimal Rp 1 juta

Penerbitan SR015 ditetapkan dengan bentuk tanpa warkat dan dapat diperdagangkan di pasar sekunder dengan jatuh tempo pada 10 September 2024. Melalui penjualan secara online, diharapkan juga dapat mempermudah akses masyarakat berinvestasi di SBSN ritel terutama untuk generasi milenial serta mendukung terwujudnya keuangan inklusif melalui instrumen investasi yang terjangkau dengan minimal pembelian Rp 1 juta dengan kelipatan maksimum nilai pemesanan sebesar Rp 3 miliar.

Iyan menambahkan dalam berinvestasi masyarakat sebaiknya tidak hanya memperhatikan unsur risiko dan keuntungan (risk and return), tapi juga masuk akal dan resmi (logic and legal). SBN ritel yang diterbitkan pemerintah memiliki empat unsur tersebut, sehingga bukan hanya bebas risiko tapi juga menguntungkan.

"Sukuk ritel menjadi investasi ini masuk akal dan resmi dijamin pemerintah dan sukuk ritel yang telah diterbitkan sejak 2009 berhasil menarik minat besar dari masyarakat, total akumulasi sukuk ritel SR 001 hingga SR 014 mencapai Rp 221,31 triliun," ujarnya.

2. Cara membeli Sukuk Ritel SR015

Pekerjaan Paling Dicari di Indonesia: Digital Marketing Specialist.
Shutterstock/mrmohock

Related Topics