Comscore Tracker
NEWS

Minimal Rp 1juta, Pemerintah Tawarkan SR015 dengan Kupon 5,1%

Pemerintah tawarkan alternatif investasi yang aman

Minimal Rp 1juta, Pemerintah Tawarkan SR015 dengan Kupon 5,1%Dok. Shutterstock/Mahardika Argha

by Eko Wahyudi

Jakarta, FORTUNE - Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko (DJPPR) Kementerian Keuangan membuka penawaran untuk sukuk ritel seri SR015 dengan tingkat imbalan atau kupon tetap sebesar 5,10 persen per tahun serta masa tenor selama tiga tahun. Salah satu tujuan penerbitan SR015 adalah untuk menyediakan alternatif investasi yang aman, menguntungkan dan likuid bagi masyarakat.

“Pada hari ini kami membuka masa penawaran sukuk ritel SR015 yang merupakan penerbitan sukuk ritel kedua tahun 2021 setelah SR014 pada bulan Maret tahun 2021 yang lalu,” kata dia Sekretaris DJPPR Kemenkeu Iyan Rubiyanto dalam penerbitan SR015 secara virtual, Jumat (20/8).

Selain itu, tujuan penerbitan sukuk ritel ini adalah memperluas basis investor di pasar domestik, mendukung pengembangan pasar keuangan syariah, dan memperkuat pasar modal Indonesia dengan mendorong transformasi masyarakat dari saving-oriented society menuju investment-oriented society.

1 . Pembelian dilakukan secara daring dengan minimal Rp 1 juta

Penerbitan SR015 ditetapkan dengan bentuk tanpa warkat dan dapat diperdagangkan di pasar sekunder dengan jatuh tempo pada 10 September 2024. Melalui penjualan secara online, diharapkan juga dapat mempermudah akses masyarakat berinvestasi di SBSN ritel terutama untuk generasi milenial serta mendukung terwujudnya keuangan inklusif melalui instrumen investasi yang terjangkau dengan minimal pembelian Rp 1 juta dengan kelipatan maksimum nilai pemesanan sebesar Rp 3 miliar.

Iyan menambahkan dalam berinvestasi masyarakat sebaiknya tidak hanya memperhatikan unsur risiko dan keuntungan (risk and return), tapi juga masuk akal dan resmi (logic and legal). SBN ritel yang diterbitkan pemerintah memiliki empat unsur tersebut, sehingga bukan hanya bebas risiko tapi juga menguntungkan.

"Sukuk ritel menjadi investasi ini masuk akal dan resmi dijamin pemerintah dan sukuk ritel yang telah diterbitkan sejak 2009 berhasil menarik minat besar dari masyarakat, total akumulasi sukuk ritel SR 001 hingga SR 014 mencapai Rp 221,31 triliun," ujarnya.

2. Cara membeli Sukuk Ritel SR015

Pekerjaan Paling Dicari di Indonesia: Digital Marketing Specialist.

SR015 dapat dipesan dan dibeli secara online melalui empat tahap, yaitu registrasi atau pendaftaran, pemesanan, pembayaran, dan setelmen. "Masyarakat diberi kesempatan untuk melakukan pemesanan pembelian secara online melalui sistem elektronik melalui 30 mitra distribusi yang telah ditunjuk oleh pemerintah dari tanggal 20 Agustus sampai dengan 15 September 2021," ujar Iyan.

3. Mitra distribusi Sukuk Ritel SR015

Mitra distribusi dari SR015 mencapai 30 institusi, yang telah ditetapkan oleh pemerintah diantaranya sebagai berikut: 

  1. Bank Central Asia
  2. Bank CIMB Niaga
  3. Bank Commonwealth
  4. Bank Danamon Indonesia
  5. Bank DBS Indonesia
  6. Bank HSBC Indonesia
  7. Bank Mandiri
  8. Bank Maybank Indonesia
  9. Bank Mega
  10. Bank Negara Indonesia
  11. Bank OCBC NISP
  12. Bank Panin
  13. Bank Permata
  14. Bank Rakyat Indonesia
  15. Bank Tabungan Negara 
  16. Bank UOB Indonesia
  17. Citibank
  18. Standard Chartered Bank
  19. Bank Syariah Indonesia
  20. Bank Muamalat
  21. Bahana Sekuritas
  22. BRI Danareksa Sekuritas
  23. Mandiri Sekuritas
  24. Trimegah Sekuritas Indonesia
  25. Bareksa Portal Investasi
  26. Nusantara Sejahtera Investama (FUNDtastic+)
  27. Star Mercato Capitale (Tanamduit)
  28. Investree Radhika Jaya
  29. Lunaria Annua Teknologi (Koinworks)
  30. Mitrausaha Indonesia Grup (Modalku) 



"Melalui Penerbitan SR015 ini, pemerintah menyediakan alternatif investasi yang aman dan menguntungkan bagi warga negara Indonesia di tengah kondisi pandemi seperti ini," kata Iyan.

 

Related Articles