NEWS

Perusahaan Tambak Udang Maluku Efisiensi Rp123 Juta Lebih per Hari

Keberhasilan ini berkat PLN

Perusahaan Tambak Udang Maluku Efisiensi Rp123 Juta Lebih per HariPerusahaan tambak udang Maluku berhasil efisiensi Rp123 juta lebih per hari
26 March 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Ambon, FORTUNE - PT PLN (Persero) terus mendukung sektor agrikultur dengan penyediaan listrik yang andal dan mudah melalui program electrifying agriculture (EA). Terbaru, PLN sukses membantu perusahaan budi daya tambak udang PT Wahana Lestari Investama (WLI) menekan biaya operasional hingga Rp123 juta per hari dengan penyediaan listrik sebesar 1.110 kilovolt ampere (kVA).

General Manajer PT WLI Ong You Gie menyebut program unggulan PLN ini mampu mendorong efisiensi biaya operasional usaha tambak udang WLI hingga 86 persen. Sebelumnya, tambak udang miliknya menggunakan bahan bakar minyak untuk operasional.

"Kami dari pihak WLI sangat terbantu dengan kehadiran listrik PLN. Kami bisa menghemat biaya bahan bakar hingga kurang lebih 120 juta/hari. Hal ini tentu memberikan keuntungan bagi kami sehingga efisiensi biaya dapat kami peroleh,” ujar Ong You Gie.

Kerja sama ini merupakan awal sinergi dengan PLN

Perusahaan tambak udang Maluku berhasil efisiensi Rp123 juta lebih per hari (Dok. PLN)
Perusahaan tambak udang Maluku berhasil efisiensi Rp123 juta lebih per hari (Dok. PLN)

Dirinya merinci, sebelum menggunakan listrik PLN, tambak udangnya menghabiskan sekitar 9 ribu solar dengan estimasi biaya sekitar Rp140 juta lebih per hari. Setelah menggunakan listrik PLN, dengan kebutuhan sekitar 18 ribu kilowatt hour (kWh), pihaknya hanya membayar biaya operasional harian di kisaran Rp18 juta.  

Ong You Gie mengatakan, saat ini satu dari tiga kawasan industri PT WLI yang berada di Negeri Pasahari, Seram Utara, Maluku Tengah, telah beralih ke listrik PLN. Dirinya mengatakan kerja sama ini merupakan awal sinergi dengan PLN, ke depan ia berharap akan semakin banyak industri lainnya yang beralih listrik.

”Kami harap ini adalah langkah awal yang baik untuk memperkuat sinergi dengan PLN,” lanjut Ong You Gie.

Komitmen PLN mendorong modernisasi di sektor pertanian maupun perikanan

Perusahaan tambak udang Maluku berhasil efisiensi Rp123 juta lebih per hari
Perusahaan tambak udang Maluku berhasil efisiensi Rp123 juta lebih per hari

Related Topics