Comscore Tracker
NEWS

Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

Jokowi bangun 1.700 km sepanjang pemerintahnya.

Jalan Tol Terpanjang di IndonesiaTol Pejagan-Pemalang. (Twitter@KSPgoid)

by Hendra Friana

Jakarta, FORTUNE - Jalan tol terpanjang di Indonesia terbangun selama pemerintahan Presiden Joko Widodo. Secara total, panjang tol baru yang beroperasi dalam kurun waktu delapan tahun terakhir mencapai 1.700 km—termasuk 508 km yang belum terselesaikan di era SBY. Ruas tol tersebut terbentang di Pulau Jawa, Sumatera, dan Sulawesi dan menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru.

Secara total, berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), ada 68 jalan tol yang beroperasi di Indonesia saat ini dengan total panjang mencapai 2.545 km. Tol-tol tersebut dikelola oleh 55 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) baik swasta maupun BUMN.

Namun, ruas tol mana yang paling panjang di Indonesia? Mengutip data kementerian PUPR, tol terpanjang di Indonesia sebenarnya masih belum beroperasi dan masih dalam proses perencanaan, yakni Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) yang akan menghubungkan Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah. 

Tol sepanjang 206,65 km ini akan dibangun untuk memperlancar konektivitas dan meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya di wilayah selatan Jawa Barat.

Adapun jika mengacu pada tol yang sudah beroperasi, tol terpanjang di Indonesia adalah sebagai berikut:

Tol Terpeka

Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) menjadi tol terpanjang pada 2021. Jalan tol di Lampung yang dibangun sejak Juli 2018 dan diresmikan pada November 2019 tersebut mencapai 189,4 km.

Bakauheni-Terbanggi Besar

Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) berada di urutan kedua dengan panjang 140,4 km. Pembangunan tol ini dimulai pa April 2015 dan diresmikan pada Maret 2019 dengan nilai investasi Rp16,7 triliun. 

Pekanbaru-Dumai

Tol terpanjang ketiga adalah Pekanbaru-Dumai (Permai) yang memiliki panjang 131,69 km. Jalan tol yang menghubungkan sejumlah pusat ekonomi di Riau ini mulai dibangun Desember 2016 dan diresmikan pada September 2020. 

Tol Cipali

Tol terpanjang keempat ditempati oleh Cikampek-Palimanan (Cipali) dengan panjang 116,8 km. Bagian penting dari Tol Trans Jawa ini diresmikan pada Juni 2015. 

Solo-Ngawi

Tol Solo-Ngawi berada di urutan selanjutnya dengan panjang mencapai 90,1 kilometer (km). Tol yang juga bagian dari Trans Jawa ini telah beroperasi sejak Juni 2018. 

Ngawi-Kertosono hingga Pondok Aren-Ulujami

Jalan Tol Ngawi-Kertosono dan Jakarta-Cikampek punya panjang masing-masing sebesar 87,1 km dan 83 km. Sedangkan, Tol Batang - Semarang berada di urutan kedelapan sepanjang 75 km. Adapun, Tol Cimanggis - Cibitung menjadi yang terpendek di Indonesia lantaran hanya memiliki panjang 2,75 km. Di atasnya ada Tol Cinere - Jagorawi dan Pondok Aren - Ulujami dengan panjang jalan masing-masing sebesar 3,5 km dan 5,6 km

Related Articles