NEWS

Sempat Bangkit, Datsun Kembali Pamit dari Industri Otomotif

Datsun sempat menjadi populer pada era 1970an.

Sempat Bangkit, Datsun Kembali Pamit dari Industri OtomotifDatsun. Shutterstock/teh_z1b

by Luky Maulana Firmansyah

26 April 2022

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Karir Datsun, jenama otomotif dengan sejarah lebih dari satu abad, tampaknya harus kembali berakhir. Pasalnya, Nissan, selaku perusahaan induk, memberikan sinyal akan menyetop produksi merek tersebut.

Juru Bicara Nissan, Azusa Momose, kepada BBC mengatakan perseroan akan terus menjual saham Datsun dan pada saat sama menyediakan layanan purna jual kepada para pemilik mobil brand tersebut.

"Kami bisa meyakinkan semua pemilik Datsun saat ini dan yang akan datang bahwa kepuasan pelanggan tetap menjadi prioritas kami," kata Momose, dikutip Selasa (26/4).

Saat ini, Nissan akan berfokus pada model-model inti dan segmen-segmen yang membawa manfaat terbesar kepada pelanggan, para mitra bisnis dan penjual, sebagai bagian dari strategi transformasi global.  

Setop produksi di India

Nissan, Rabu (20/4), mengumumkan telah menghentikan produksi Datsun di India, menurut Economic Times.

Nissan India menyebut produksi Datsun redi-GO telah dicabut di pabrik Chennai. Meski demikian, penjualan model ini masih akan berlanjut sampai stok habis.

Sebelumnya, pabrikan otomotif asal Jepang ini juga telah menutup produksi dua model Datsun, yaitu kendaraan entry level Datsun Go serta model serba guna Datsun Go+.

Penyetopan ini terjadi setelah pada 2020 Nissan mengakhiri produksi kendaraan di pasar Rusia dan Indonesia.

Padahal, Nissan baru kembali merilis Datsun secara global pada 2013 atau sembilan tahun lalu.

Penghentian merek Datsun merupakan bagian dari strategi transformasi global sejak 2020, kata Nissan. Di bawah rencana tersebut, perusahaan akan keluar dari bisnis Datsun di Rusia dan merampingkan operasi di pasar di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Sejarah Datsun

Datsun sempat menjadi jenama otomotif tersohor pada era 1970-an. Kala itu, brand ini dipasarkan sebagai kendaraan yang irit bahan bakar.

Sekitar 20 juta mobil Datsun bahkan terjual ke 190 negara di seluruh dunia.

Akan tetapi, nyawa jenama tersebut sempat dicabut setelah Nissan memutuskan berhenti memproduksinya pada 1986.

Lalu 27 tahun kemudian, tepatnya pada 2013, Nissan membangkitkan kembali Datsun menjadi merek mobil murah untuk Indonesia, Rusia, dan India.

Pabrikan otomotif ini merilis kembali Datsun secara global dengan peluncuran kendaraan Datsun Go di India.