NEWS

Ini Negara-Negara yang Tergabung dalam G7

Ini sejarah singkat KTT G7.

Ini Negara-Negara yang Tergabung dalam G7Para pemimpin G7 duduk mengelilingi meja selama pertemuan di KTT 2022 di Jerman. Stefan Rousseau/Reuters
18 November 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Sejumlah negara tercatat telah membentuk organisasi internasional, salah satunya Group of Seven atau sering disebut G7. Organisasi tersebut terdiri dari 7 negara besar dari sejumlah benua. Mengutip dari BBC, Group of Seven menjadi suatu organisasi internasional yang terdiri dari tujuh negara dengan ekonomi maju.

Meski tergabung dengan sejumlah negara maju, namun China tidak masuk dalam organisasi tersebut. Alasannya karena China termasuk negara dengan tingkat kekayaan yang relatif rendah per individu sehingga tidak dikategorikan sebagai ekonomi maju seperti negara anggota G7.

Lantas negara mana saja yang menjadi bagian G7? Berikut ketujuh negara pesertanya:

  1. Kanada
  2. Prancis
  3. Jerman
  4. Italia
  5. Jepang
  6. Inggris
  7. Amerika Serikat

Rusia sempat jadi anggota G7

Ilustrasi Konflik rusia-ukraina. Shutterstock/Tomasz Makowski

Siapa sangka bahwa negara Rusia sempat menjadi anggota G7. Hal tersebut tertuang pada konferensi tingkat tinggi (KTT) di Birmingham 1998. Secara otomatis, kelompok tersebut berubah nama menjadi Group of Eight (G8) karena memiliki delapan negara anggota.

Namun demikian, pada tahun 2014, Rusia tidak lagi menjadi anggota G7 karena negara tersebut terlibat pelanggaran kedaulatan Ukraina dan integritas teritorial. Melalui cara ini, G7 menekankan bahwa mereka didasarkan pada nilai-nilai bersama dan tidak siap menerima pelanggaran hukum internasional apapun.

Sejarah singkat KTT G7

Pemimpin G7 berpose untuk foto bersama menghadap pantai di Carbis Bay Hotel di Carbis Bay, St. Ives, Cornwall, Inggris, Jumat, 11 Juni 2021| Patrick Semansky/AP

Related Topics