NEWS

Daftar Pemenang GDA 2024 Jakarta: New Jeans hingga Seventeen

Siapa saja daftar pemenang GDA 2024 di Jakarta?

Daftar Pemenang GDA 2024 Jakarta: New Jeans hingga SeventeenNew Jeans di gelaran Golden Disc Awards di Jakarta.
08 January 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - NewJeans, grup idola K-Pop pendatang baru dari Ador Entertainment yang terafiliasi dengan HYBE, menyabet Penghargaan Utama (Daesang) Golden Disc Award ke-38 di Jakarta.

Capaian itu diraih hanya sekitar 1,5 tahun setelah debutnya pada Juli 2022.

Penghargaan "Digital Song of the Year" di Golden Disc Award 2024 itu NewJeans raih dengan lagu "Ditto", yang menjadi hits global. Lagu yang rilis pada Januari 2023 itu sudah diputar 500 juta kali di Spotify per 4 Desember 2023. Pada malam puncak penghargaan di Jakarta International Stadium, Sabtu (6/1), NewJeans pun menampilkan lagu ini di hadapan para penggemar. 

Ini bukan prestasi pertama NewJeans di Golden Disc Award. Pada gelaran ke-37 2023 di Thailand, NewJeans juga telah meraih Penghargaan Pendatang Baru dan Penghagaan Utama.

Selain itu, NewJeans telah mengantongi tiga daesang lain dari acara penghargaan musik tahunan di Korea Selatan hanya dengan lagu "Ditto". Itu bukan tanpa alasan. Karena selain terkenal secara domestik, NewJeans pun menggebrak pasar musik global.

Data dari Billboard yang dirilis pada Januari 2024 menunjukkan, lagu "Ditto" masih bertahan pada peringkat ke-128 dalam lis Billboard Global (selain Amerika Serikat) bahkan setelah setahun peluncuran. Begitu pula lagu berjudul OMG (2023) yang menempati posisi ke-142 dalam daftar yang sama.

Lebih lanjut, EP (extended play) kedua NewJeans yang bertajuk Get Up (2023) berhasil menduduki peringkat 103 dalam daftar Billboard 200. "Super Shy" (2023), lagu utama dalam EP itu, berada pada posisi ke-137 dalam peringkat Billboard Global (selain Amerika Serikat) dan posisi ke-188 di daftar BIllboard Global 200.

Pemenang penghargaan utama (daesang) untuk album fisik: SEVENTEEN

Kemudian, boygroup SEVENTEEN dari Pledis Ent memenangkan daesang album fisik. FML (2023), mini-album ke-10 mencatat penjualan lebih dari 6 juta kopi.

SEVENTEEN merupakan peraih Penghargaan Pendatang Baru GDA pada Golden Disc Awards ke-30 tahun 2016. Mereka telah menghadiri setiap upacara dari yang ke-31 hingga ke-37. Akhirnya, pada GDA ke-38, mereka menjadi pemenang Penghargaan Utama.

SEVENTEEN pun menjadi pemenang triple crown karena beroleh penghargaan Album Tahun Ini, Lagu Digital Tahun Ini, dan Penghargaan Utama. Ditambah dengan penghargaan grup unit BSS, mereka memboyong empat piala.

Daftar lengkap pemenang GDA 2024 di Jakarta

Para pemenang Golden Disc Awards ke-38 dipilih berdasarkan kombinasi evaluasi panel ahli (40 persen) yang terdiri dari komite eksekutif Golden Disc, jurnalis musik, PD program musik, kritikus musik populer, pejabat perusahaan distribusi domestik, dan data penggunaan musik digital dan penjualan album Circle Chart (60 persen).

Evaluasi berlandaskan pada musik dan album yang dirilis dari pertengahan November 2022 hingga awal November 2023, dengan penjualan dihitung hingga akhir November 2023.

Berikut ini daftar lengkap pemenang GDA 2024 di Jakarta:

  • Grand Prize - Album of the Year: SEVENTEEN.
  • Grand Prize - Digital Song of the Year: NewJeans.
  • Album of the Year

aespa, ENHYPEN, IVE, LE SSERAFIM, NCT DREAM, Stray Kids, SEVENTEEN, Jungkook, Zerobaseone, dan TOMORROW X TOGETHER.

  • Digital Song of the Year

(G)I-DLE, IVE, LE SSERAFIM, NewJeans, STAYC, Park Jae-jung, BSS, SEVENTEEN, Jungkook, dan Jisoo Blackpink.

  • Rookie Award: ZEROBASEONE, FIFTY FIFTY.
  • Global K-pop Artist Award: Stray Kids.
  • Bugs Favorite Golden Disc Popular Award: Lim Young-woong, Jisoo.
  • Indonesia FANS CHOICE with Mandiri: TOMORROW X TOGETHER.
  • Producer Award: Producer Min Hee-jin.
  • Next Generation= BOYNEXTDOOR.

GDA 2024 bersama Bank Mandiri digelar selama sekitar empat jam di JIS, dengan diawali oleh sesi red carpet. Ada 14 bintang yang menghadiri penghargaan tahunan itu, termasuk NewJeans dan SEVENTEEN.

"Kami bangga menjadi bagian dari momen bersejarah ini, mempersembahkan panggung terbesar yang pernah ada dalam sejarah konser KPOP di Indonesia, menampilkan 4 jam hiburan Korea yang setara dengan standar internasional," ujar pihak promotor Nicevents, dikutip Senin (8/1).

Related Topics