NEWS

Konser Berpendapatan Terbesar 2023, Taylor Swift atau Beyoncé?

The Eras Tour raup berpendapatan terbesar per Agustus 2023.

Konser Berpendapatan Terbesar 2023, Taylor Swift atau Beyoncé?ilustrasi Taylor Swift (instagram.com/taylorswift)
20 October 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Dampak ekonomi konser The Eras Tour" Taylor Swift tak main-main. Bahkan sampai memecahkan rekor sebagai konser berpendapatan terbesar 2023 edisi musim panas atau selama periode Juni-September.

Tur yang berjalan sejak Maret-Agustus 2023 itu mencetak pendapatan kotor lebih dari US$780 juta, serta menghasilkan pendapatan senilai US$305 juta untuk Swift.

Firma keuangan global Morgan Stanley bahkan melaporkan, kombinasi antara The Eras Tour milik Taylor Swift dan Renaissance World Tour milik Beyoncé menambah pendapatan US$5,4 miliar terhadap ekonomi Amerika Serikat (AS) pada kuartal ketiga 2023.

Roda pendapatannya tidak berhenti di situ. Kedua penyanyi itu akan menayangkan film konser masing-masing. The Eras Tour Movie (2023), yang menghabiskan biaya produksi US$15 juta, diperkirakan akan menghasilkan lebih dari US$125 juta di minggu pertama penayangannya di pasar domestik, dikutip dari New York Times. Sementara secara internasional, film itu diestimasikan membukukan US$60 juta.

Termasuk Swift dan Beyoncé, ada deretan tur musik yang tercatat sebagai daftar konser berpendapatan terbesar pada 2023 selama periode musim panas. Berikut ini ulasannya, dilansir dari Forbes.

Daftar konser berpendapatan terbesar di 2023 (hingga Agustus)

Penggunaan Xylobands di konser Coldplay.
Penggunaan Xylobands di konser Coldplay. (Instagram Coldplay)
  • Taylor Swift

Jumlah pertunjukannya adalah 56. Dengan pendapatan kotor US$780 juta dan penghasilan US$305 juta.

Dengan rata-rata harga tiket US$253, setidaknya ada lebih dari 3 juta penggemar menyaksikan konsernya. Bukan hanya tiket, beberapa fans beratnya bahkan rela mengantre panjang demi membeli hoodie seharga US$75 yang jadi bagian dari pernak-pernik konser The Eras Tour.

  • Beyoncé

Dengan total pertunjukan 46, pendapatan kotor konser musisi dengan suara emas ini mencapai US$460 juta. Sementara itu, penghasilannya berjumlah US$145 juta.

  • Ed Sheeran

- +–=÷× (Mathematics) Tour Ed Sheran menghasilkan pendapatan kotor senilai US$240 juta. Dengan pertunjukan sejumlah 41, penghasilannya mencapai US$110 juta. Ia bahkan memecahkan rekor saat menggelar pertunjukan di Stadion Levi's di Santa Clara, California, dengan lebih dari 77.000 penggemar yang datang menyaksikan.

  • Coldplay

Tur "Music of the Spheres World Tour" sempat menggemparkan Indonesia saat penjualan tiketnya berlangsung, mengingat banyaknya pihak yang tak berhasil mendapatkannya setelah 'berperang' memperebutkannya.

Coldplay telah menggelar 43 pertunjukan hingga Agustus 2023. Pendapatan kotornya berjumlah US$275 juta, sedangkan bersihnya senilai US$85 juta.

  • P!nk

P!nk telah melaksanakan 37 pertunjukan bertajuk "Summer Carnival". Pendapatan kotornya bernilai US$300 juta, sedangkan bersihnya US$85 juta--sama seperti Coldplay.

Itulah lima konser berpendapatan terbesar selama 2023, khusus tur musim panas. Sudahkah Anda menonton salah satunya?

Related Topics