BUSINESS

Harga Tiket Konser Termahal di Sepanjang Masa

Bisnis konser diperkirakan terus melonjak di masa depan.

Harga Tiket Konser Termahal di Sepanjang MasaIlustrasi keramaian konser musik. (Fortuneidn/Bayu)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

13 October 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Analis di Bank of America merilis sebuah laporan berjudul ‘Funflation in Full Force, yang menunjukkan bagaimana industri hiburan, seperti konser, adalah sebuah pilihan ampuh bagi industri hiburan yang ingin dengan cepat mendatangkan keuntungan. Hal ini dimungkinkan dengan penjualan tiket konser semahal mungkin.

Bloomberg Economics, memperkirakan bahwa gabungan tur konser Taylor Swift dan Beyoncé akan menambah sekitar US$5,4 miliar atau Rp84,79 triliun (kurs Rp15.701,39 per dolar AS) pada produk domestik bruto Amerika Serikat (AS). Nilai ini tak sedikit dan nama besar kedua artis ini benar-benar memberikan dampak langsung pada perekonomian negara adidaya tersebut.

Dengan demikian, potensi ekonomi kreatif dari sisi konser musik cukup menjanjikan di masa mendatang. Hal itu bisa terjadi, dengan catatan tidak terjadi kondisi yang sulit terprediksi seperti pandemi Covid-19, peningkatan daya beli dan keinginan masyarakat untuk berkumpul secara offline, menjadi angin segar bagi konser-konser di seluruh dunia yang bisa mendatangkan keuntungan bagi penampil dan penyelenggara.

Salah satu indikator konser bisa mendatangkan keuntungan besar adalah harga tiket yang diberlakukan. Meski mahal, banyak analis berpikiran bahwa tren konser akan terus berkembang dan bertahan cukup lama. Menurut artikel di Mirchi.id, berikut ini adalah beberapa konser di dunia yang mencatat harga tiket termahal sepanjang masa.

Led Zeppelin - Ahmet Ertegun Tribute Concert

Led Zeppelinilustrasi Led Zeppelin (wikipedia.org/tonny morelli)

Sebagai salah satu band rock legendaris, Led Zeppelin mengadakan konser pada 2007, untuk mengenang pendiri Atlantic Records, Ahmet Ertegun. Selain itu, konser ini adalah salah satu tonggak bersejarah para personal Led Zeppelin untuk bersatu kembali dalam satu panggung, setelah pisah hampir 20 tahun.

Konser amal ini membanderol tarif terendah seharga US$250 atau sekitar Rp3,93 juta, sementara tiketnya yang paling mahal berhasil melonjak hingga US$168 ribu atau sekitar Rp2,51 miliar.

Maroon 5 – M5LV The Residency

Maroon 5ilustrasi konser Maroon 5 (instagram.com/maroon5)