NEWS

Kronologi Konflik Afghanistan: Alur Pergerakan Dominasi Taliban

Ini kronologi konflik Afghanistan sejak April 2021.

Kronologi Konflik Afghanistan: Alur Pergerakan Dominasi TalibanANTARA FOTO/REUTERS/Stringer

by Tanayastri Dini Isna KH

20 August 2021

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Kelompok Taliban telah menguasai Kabul, ibu kota Afghanistan, sejak Minggu (15/8). Bahkan, mereka juga sudah memasuki berbagai kota besar di negara tersebut.

Sebagai informasi, diskusi Taliban dan pemerintah Afghanistan menyoal pemahaman politik menuju kesepakatan damai tidak berhasil walau dukungan dari Amerika Serikat (AS) dan sekutunya telah dikantongi.

Hasilnya, kini Afghanistan tunduk di bawah kuasa Taliban. Bahkan, kelompok itu menyatakan akan mulai menggunakan hukum Islam dan menentang sistem demokrasi.

“Tak akan ada sistem demokrasi sama sekali karena (itu) tak punya basis di negara kita,” kata Anggota Senior Taliban, Waheedullah Hashimi, dikutip dari Reuters, Kamis (19/8).

Sebenarnya, bagaimana kronologi konflik di Afghanistan tersebut? Seperti apa awal mulanya? Apa pemicunya? Berdasar laporan Reuters, berikut alur pergerakan Taliban di Afghanistan beberapa bulan belakangan.

1. April 2021

Pada 14 April, Presiden AS, Joe Biden mengumumkan akan menarik pasukan dari Afghanistan mulai 1 Mei dan berakhir pada 11 September 2020. Batas waktu itu lebih lama ketimbang waktu penarikan sebelumnya (1 Mei).

2. Mei 2021

Taliban menyerang pasukan Afghanistan di Provinsi Helmand Selatan dan setidaknya enam provinsi lainnya pada 4 Mei. Sepekan kemudian, Taliban pun berhasil merebut Distrik Nerkh di luar Kabul seiring meningkatnya angka kekerasan.