Comscore Tracker
SHARIA

Raih Penghargaan Internasional, Begini Kinerja LinkAja Syariah

Hingga Juli 2022, pengguna LinkAja mencapai 7,5 juta.

Raih Penghargaan Internasional, Begini Kinerja LinkAja SyariahDok. Linkaja syariah

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - The Asset Triple A Islamic Finance Award 2022 yang diinisiasi oleh The Asset menobatkan LinkAja Syariah sebagai "Best Digital Payment Service Provider". Direktur Utama PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja), Yogi Rizkian Bahar, menyampaikan terima kasih dan apresiasinya, penghargaan ini merupakan capaian besar setelah dua tahun LinkAja Syariah didirikan.

"Melalui apresiasi ini, kami harap akan semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat akan layanan keuangan digital Syariah, membuka peluang-peluang kolaborasi baru dan memperkuat ekosistem ekonomi Syariah digital di Indonesia," kata Yogi dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (1/9).

The Asset Triple A Islamic Finance Awards adalah salah satu penghargaan industri di sektor keuangan yang paling bergengsi. The Asset menerapkan serangkaian penilaian terhadap sejumlah kandidat hingga akhirnya menjatuhkan pilihan kepada LinkAja Syariah sebagai "Best Digital Payment Service Provider" pada gelaran penghargaan tahun ini. Di balik capaian ini, bagaimana kinerja LinkAja Syariah?

Kinerja LinkAja Syariah

LinkAja Syariah telah mencatat pertumbuhan positif selama 2 tahun berdiri. Pada semester I/2022, LinkAja Syariah mengalami pertumbuhan pendapatan lebih dari 75 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, dengan penggunaan untuk jenis transaksi yang didominasi oleh transaksi keuangan, produk telekomunikasi, dan transaksi di merchant

Jumlah pengguna terdaftar LinkAja Syariah pun telah berkembang pesat. Hingga Juli 2022, pengguna terdaftar mencapai 7,5 juta, meningkat 24 persen sejak akhir 2021. Pertumbuhan pengguna juga bertambah sejalan dengan adanya kolaborasi secara progresif dengan beberapa mitra strategis.

"LinkAja Syariah akan terus berinovasi untuk menjadi solusi layanan keuangan digital syariah yang mengikuti kebutuhan masyarakat dengan tetap mengikuti kaidah-kaidah syariah," ujar Yogi.

Di sisi lain, LinkAja Syariah juga berupaya mendukung pemerintah meningkatkan inklusi keuangan digital syariah di Indonesia sejak April 2020. Salah satunya adalah dengan melakukan kerja sama strategis dengan Koperasi Baitul Maal wa Tamwil (BMT) Usaha Gabungan Terpadu (UGT) Nusantara dan aplikasi pondok pesantren berbasis web dan mobile, PesantrenQu pada 22 Februari 2022 di Pasuruan.

Terobosan lainnya, LinkAja Syariah bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berkolaborasi memberi kemudahan masyarakat untuk berqurban melalui Kurban Online Baznas. Masyarakat yang ingin berqurban, dapat menunaikannya dengan mudah dan nyaman tanpa harus keluar rumah, melalui aplikasi LinkAja Syariah.

LinkAja Syariah juga berkolaborasi dengan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), salah satunya menyediakan layanan syariah, berupa fitur pembayaran islami yang lebih spesifik seperti pembayaran zakat, infak, kurban, investasi syariah, hingga pendaftaran haji secara online.

Merambah sektor pendidikan, LinkAja Syariah berkolaborasi dengan Aplikasi EduMU, sebuah platform Learning Management System hasil kerjasama Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PP Muhammadiyah dan PT Hilotech Karya Anak Bangsa. Kolaborasi ini berfokus dalam menyediakan kemudahan transaksi digital syariah pada sistem pembayaran di bidang pendidikan.

Atas kontribusinya ini, LinkAja Syariah berhasil meraih penghargaan internasional sebagai 'Best Digital Payment Service Provider' dalam The Asset Triple A Islamic Finance Award 2022 yang diinisiasi oleh The Asset.

Related Articles