Comscore Tracker
TECH

iPhone SE 2022 Meluncur, Ponsel 5G Termurah dari Apple

Apple mengeklaim iPhone SE bertenaga dan hemat baterai.

iPhone SE 2022 Meluncur, Ponsel 5G Termurah dari AppleiPhone SE 2022. Dok/Apple

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE – Apple akhirnya resmi meluncurkan iPhone SE 2022 atau generasi ketiga dalam ajang bertajuk Peek Performance, Rabu (9/3). Bodi smartphone berbekal teknologi 5G tersebut masih sama dengan generasi sebelumnya, namun dengan sejumlah pembaruan.

Desain iPhone SE menampilkan layar retina IPS LCD 4,7 inci dengan resolusi 750 x 1344 piksel serta tombol home yang memuat fitur Touch ID. Bungkus tersebut terasa pantas dengan dalaman prosesor A15 Bionic—yang juga terdapat di jajaran iPhone 13. Dan rasanya, dua kamera yang menyertainya menjadi setimpal: kamera belakang dengan resolusi 12MP (f/1,8) serta kamera depan 7MP (f/2,2).

“iPhone SE telah menjadi pilihan yang sangat populer di kalangan pengguna kami yang sudah ada dan pelanggan iPhone baru, berkat desainnya yang ikonik, kinerja yang luar biasa, dan harga yang terjangkau,” kata Vice President of Worldwide iPhone Product Marketing Apple, Kaiann Drance, dalam keterangan kepada media.

Ponsel tersebut dibanderol mulai US$429 untuk base model dengan memori internal 64GB. Apple turut menyediakan pilihan kapasitas memori internal hingga 256 GB.

Iphone paling kuat dan tahan lama serta fitur fotografi

iPhone SE 2022 dibalut aluminum dan kaca yang sama seperti series iPhone 13. Tak hanya itu, gawai tersebut memiliki fitur IP67 yang dirancang tahan air dan debu. Dengan masa pakai baterai yang diklaim lebih baik berkat chip A15 Bionic, Apple mencap iPhone SE sebagai yang paling kuat dan tahan lama.

Pada departemen pemrosesan, A15 Bionic memungkinkannya bekerja lebih cepat ketimbang model sebelumnya. Pengguna kemungkinan akan mendapat pengalaman baru dalam bermain gim, fotografi, hingga augmented reality.

Kinerja fotonya yang selama ini terhitung baik pun didongkrak oleh fitur fotografi komputasi pada kamera belakang seperti Smart HDR 4, Photographic Styles, Deep Fusion, dan Portrait.

Apple mengincar miliaran pengguna Android

Apple sebelumnya diproyeksi akan meraup keuntungan besar melalui iPhone SE 2022. Pasalnya, varian tersebut berpotensi merenggut miliaran pengguna Android, demikian analisis JP Morgan.

Melansir Reuters, Jumat (17/12/2021), perusahaan jasa keuangan dan bank investasi multinasional tersebut memperkirakan Apple, melalui iPhone SE baru, bakal menjadi pesaing berat pasar gawai kelas menengah yang didominasi Samsung dan Huawei.

Menurut data dari Counterpoint Research, Apple pada 2021 berhasil mengirimkan 237,9 juta unit ponsel, atau tumbuh 18 persen. Kinerja tersebut berkat seri iPhone 12 serta iPhone 13. Namun, jumlah pengiriman ponsel Apple masih kalah dari 271 juta unit ponsel dari Samsung.

Related Articles