Comscore Tracker
TECH

Perbedaan Perangkat Audio Earbuds dengan TWS yang Harus Diketahui

Earbuds dan TWS sama-sama earphone wireless.

Perbedaan Perangkat Audio Earbuds dengan TWS yang Harus DiketahuiHuawei FreeBuds Pro 2. Dok/Huawei.

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE – Bagi Anda yang suka menggunakan perangkat audio untuk mendengarkan musik, Anda mungkin akrab dengan istilah earbuds maupun true wireless studio. Meski memiliki fungsi yang secara umum sama, baik earbuds maupun TWS sebenarnya memiliki sejumlah perbedaan.

Earbuds dan TWS ini memang sama-sama termasuk dalam perangkat dengan kategori earphone wireless. Kedua jenis itu memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Sesuai namanya, perangkat audio jenis ini juga mudah dibawa ke mana pun karena tak memiliki kabel.

Lantas, apa perbedaan antara earbuds dan TWS? Berikut penjelasannya dikutip dari pelbagai sumber.

Pengertian Earbuds

Menurut laman Suara Tekno yang mengutip Oppo Indonesia, earbuds, misalnya, merupakan perangkat earphone yang dirancang untuk masuk ke dalam lubang telinga.

Jika earbuds ini digunakan dalam waktu lama, berpotensi membuat telinga penggunanya sakit. Sebab, bodi plastik earbuds bersentuhan langsung dengan kulit di dalam telinga tersebut.

Semula, earbuds ini masih menggunakan kabel (wired), lalu dikembangkan menjadi wireless, demikian Blibli. Di sisi lain, saat ini juga sudah banyak earbuds yang tak membuat sakit ketika digunakan di telinga.

Dari segi bodi, earbuds punya bentuk yang kecil dan ukurannya lebih besar sedikit dari lubang telinga. Perangkat itu dibuat agar tidak gampang lepas dari telinga, atapun jatuh.

Pengertian TWS

True Wireless Studio (TWS) sebenarnya baru dikenal pada 2016. Kala itu, Airpods merupakan produk pertama earphone wirelss berjenis TWS yang dirlis oleh perusahaan teknologi Apple.

Untuk menyambungkan ponsel ataupun laptop ke perangkat TWS ini, cukup membutuhkan koneksi Blueetoh. Gelombang suara dari dari HP atau laptop yang terkoneksi ke TWS pun akan minim delay dan bersifat real stereo.

Nantinya, baik speaker kiri dan kanan TWS ini bisa berfungsi secara mandiri sekaligus, atau bersamaan.

TWS memiliki dua bentuk desain, yakni dengan gagang memanjang ke bawah, dan tanpa gagang yang tinggal dudukannya saja di dalam telinga.

TWS memikiki fitur menonjol yakni Active Noise Cancellation. Teknologi tersebut bisa meredam suara bising dari luar sehingga suara yang dihasilkan menjadi lebih kuat dan jernih.

Rekomendasi Earbuds dan TWS

Bagi Anda yang berminat dengan Earbuds atau TWS, tentu bisa memilih berdasarkan minat serta kebutuhan. Anda dapat mempertimbangkannya berdasar sejumlah perbedaan yang disebut barusan. Baik Earbuds maupun TWS secara umum telah dibekali dengan teknologi waterproof sehingga akan tahan terhadap air.

Berikut rekomendasi perangkat pintar Earbuds yang memiliki fitur maupun spesifikasi menonjol, dikutip dari IDN Times.

1. Sony WF-1000XM4 (Harga Rp4 juta)

Sony WF-1000XM4 adalah earbuds nirkabel terbaik untuk saat ini. Earbuds ini memiliki fitur noise cancelling dan suara yang jernih. Anda bisa membelinya dengan harga sekitar Rp4.039.000.

2. Beats Fit Pro (Harga Rp3,3 juta)

Beats Fit Pro adalah alternatif yang pas untuk AirPods Pro karena earbuds ini diproduksi dengan teknologi yang sama.

3. Samsung Galaxy Buds 2 (Harga Rp1,7 juta)

Samsung Galaxy Buds 2 memiliki ukuran 15 persen lebih kecil dan 20 persen lebih ringan dari versi Buds Plus. Earbuds ini telah dilengkapi dengan fitur noise cancelling.

4. Airpods Pro (Rp3,9 juta)

AirPods Pro kini sudah dilengkapi dengan fitur casing pengisi daya nirkabel yang bisa bertahan lebih dari 24 jam.

Sementara, di bawah ini merupakan beberapa rekomendasi TWS. Berikut lisnya masih dinukil dari IDN Times.

1. Soundpeats Air 3

TWS Soundpeats Air 3 ini dilengkapi dengan wingtip yang berfungi untuk mencegah earphone agar tidak mudah jatuh. Produk ini juga telah menggunakan bluetooth versi 5.2 dengan jangkauan jarak hingga 10 meter.

TWS ini dibekali 4 mic yang dapat menghasilkan kualitas suara yang lebih jernih. Baterainya sanggup bertahan 4,5 jam untuk mendengarkan musik.

2. SonicGear Earpump TWS3+

SonicGear Earpump TWS3+ yang memiliki fitur unggulan powerful bass dan high clarity audio serta dukungan koneksi Bluetooth 5.0.

Related Articles