Comscore Tracker
TECH

NASA Kerja Sama Bareng Epic Games Bikin Simulasi Mars di Metaverse

Sayembara metaverse Mars ini untuk urusan penelitian NASA

NASA Kerja Sama Bareng Epic Games Bikin Simulasi Mars di MetaverseGedung Perakitan Kendaraan di Pusat Antariksa Kennedy NASA. Shutterstock/Hasbul Aerial Stock

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE – Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (AS) baru-baru ini mengumumkan kerja sama bareng Epic Games, perusahaan pembuat gim Fortnite. NASA bareng Epic Games membuat sayembara yang menantang para pengembang gim untuk menciptakan pengalaman virtual planet Mars berbasis metaverse.

Dikutip dari Game Rant, Kamis (12/5), tantangan dimaksud adalah menciptakan aset dan pengalaman realitas virtual berdasarkan Mars. Itu demi persiapan perjalanan ke planet merah tersebut.

Adalah HeroX, platform pemecahan masalah crowdsourcing, yang mengumumkan sayembara pembuatan metaverse planet Mars.

NASA meminta pengembang untuk menciptakan lingkungan metaverse Mars demi tujuan penelitian, khususnya yang berfokus pada aktivitas di permukaan planet tersebut, menurut laman Bitcoin.com.

Lembaga itu akan memberikan hadiah kepada para pemenang total sebesar US$70 ribu atau lebih dari Rp1 miliar.

Tantangan tersebut kontan menarik para pengembang. Lebih dari 150 tim telah masuk, sebagian besar terdiri dari 1-2 anggota. Beberapa di antaranya datang dari negara seperti Kenya, Iran, Ukraina, Korea Selatan, dan Taiwan.

Pengalaman virtual

Tentu, pengembang tidak membuat dunia metaverse planet Mars itu dari awal.

Sebab, NASA telah membuat MarsXR, yang mencukup dunia dengan lebih dari 400 km2 medan Mars, dengan siklus siang atau malam, kondisi cuaca realistis, simulasi gravitasi Mars, serta aset seperti pakaian antariksa dan penjelajah.

Metaverse tersebut dibuat dengan dengan berbasis model Unreal Engine 5 oleh Epic Games.

Dalam penerapannya, pengembang nantinya akan diminta untuk merancang beberapa lingkungan utama untuk astronot Mars. Itu juga akan dibuat menggunakan Unreal Engine 5 agar lingkungan yang tercipta realistis.

Pengembang dapat menambahkan aset di MarsXr ataupun menggunakan apapun yang tersedia untuk menciptakan pengalaman khusus mereka.

NASA menetapkan sejumlah kategori dalam tantangan pengalaman virtual ini, yakni mendirikan kemah, penelitian ilmiah, pemeliharaan, eksplorasi, dan blow your mind.

Related Articles