TECH

Bagaimana Cara Menjaga Battery Health iPhone? Simak Tipsnya

Cara menjaga baterai iPhone: tips penting.

Bagaimana Cara Menjaga Battery Health iPhone? Simak TipsnyaIlustrasi Battery Iphone (Freepik)
08 June 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Baterai adalah salah satu komponen vital pada IPhone yang menentukan seberapa baik kinerja perangkat Anda sehari-hari. Dengan merawat baterai secara benar, Anda tidak hanya memperpanjang umur baterai tetapi juga menjaga performa iPhone tetap optimal. 

Berikut adalah cara efektif yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan baterai iPhone Anda.

1. Matikan Fitur yang Tidak Digunakan

Banyak fitur pada iPhone yang dapat menguras baterai, meskipun tidak digunakan secara aktif. Matikan fitur seperti Bluetooth, Wi-Fi, atau layanan lokasi ketika tidak diperlukan. Hal ini dapat mengurangi beban pada baterai dan memperpanjang masa pakainya.

2. Jangan Biarkan iPhone Tidak Mengisi Daya untuk Waktu yang Lama

Baterai iPhone dirancang untuk diisi daya secara berkala. Membiarkan baterai iPhone dalam kondisi kosong untuk waktu yang lama dapat merusak sel-sel baterai dan menurunkan kemampuannya untuk menyimpan daya. 

Untuk mencegah hal ini, usahakan untuk mengisi daya iPhone secara rutin. Jika Anda berencana untuk tidak menggunakan iPhone dalam jangka waktu yang lama, simpan perangkat dengan baterai terisi sekitar 50%.

3. Hindari Mengisi Daya Semalaman

Mengisi daya semalaman dapat menyebabkan overcharging, yang berpotensi merusak baterai. Sebaiknya cabut charger ketika baterai sudah penuh. Anda juga bisa mengaktifkan fitur Optimized Battery Charging yang ada di iOS untuk mengurangi waktu yang dihabiskan baterai dalam keadaan penuh.

4. Jangan Gunakan iPhone Ketika Sedang Mengisi Daya

Menggunakan iPhone saat sedang diisi daya dapat menyebabkan panas berlebih, yang merupakan salah satu musuh utama baterai lithium-ion. Panas berlebih tidak hanya merusak baterai tetapi juga bisa mempengaruhi komponen internal lainnya. 

Untuk menjaga suhu baterai tetap rendah dan aman, hindari penggunaan intensif iPhone saat sedang diisi daya. Biarkan perangkat beristirahat selama pengisian untuk hasil terbaik.
 

5. Gunakan Adapter Resmi Apple

Penggunaan adapter atau charger yang tidak resmi bisa sangat beresiko bagi kesehatan baterai iPhone Anda. Charger yang tidak resmi mungkin tidak memiliki standar keamanan yang sesuai, sehingga dapat menyebabkan kerusakan atau bahkan kebakaran. 

Apple merekomendasikan untuk selalu menggunakan charger dan kabel resmi atau yang bersertifikasi MFi (Made for iPhone). Produk resmi ini dirancang untuk memberikan aliran daya yang stabil dan aman bagi perangkat Anda.

6. Hindari Mengisi Daya di Ruangan dengan Suhu Ekstrim

Suhu lingkungan tempat Anda mengisi daya iPhone sangat mempengaruhi kesehatan baterai. Mengisi daya di tempat dengan suhu terlalu panas atau terlalu dingin dapat merusak baterai. 

Suhu ideal untuk mengisi daya iPhone adalah antara 16°C hingga 22°C. Jika suhu terlalu tinggi, lepaskan casing iPhone untuk membantu pendinginan. Sebaliknya, hindari mengisi daya di lingkungan yang sangat dingin karena dapat memperlambat proses pengisian dan merusak baterai.
 

 7. Perbarui iOS ke Versi Terbaru

Apple secara rutin merilis pembaruan iOS yang tidak hanya membawa fitur-fitur baru tetapi juga optimisasi dan perbaikan bug yang dapat meningkatkan kinerja dan umur baterai. 

Dengan memperbarui iOS ke versi terbaru, Anda memastikan bahwa iPhone Anda mendapatkan semua perbaikan dan optimisasi terbaru. 

Anda dapat mengatur iPhone untuk memperbarui secara otomatis atau memeriksa pembaruan secara manual melalui pengaturan perangkat.

Menjaga kesehatan baterai iPhone memerlukan perhatian dan kebiasaan yang baik dalam penggunaan sehari-hari. Dengan mengikuti tujuh cara yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat memperpanjang umur baterai dan memastikan performa iPhone Anda tetap optimal. 

Perawatan yang baik tidak hanya menghemat biaya penggantian baterai tetapi juga meningkatkan pengalaman penggunaan perangkat Anda. Ingatlah bahwa baterai yang sehat berarti iPhone yang lebih andal dan tahan lama.

Related Topics