BUSINESS

Komunitas Bisnis dan Manfaatnya Bagi Bisnis yang Anda Jalankan

Jangan remehkan komunitas bisnis, karena banyak manfaatnya.

Komunitas Bisnis dan Manfaatnya Bagi Bisnis yang Anda Jalankanilustrasi diskusi bisnis (unsplash.com/Brooke Cagle)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

24 October 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Salah satu cara efektif dalam mengembangkan sebuah bisnis adalah mengoptimalkan komunitas bisnis. Dengan mendekati komunitas bisnis, peluang produk Anda semakin dikenal akan semakin besar, demikian pula dalam mendorong penjualan.

Menurut laman Binus.ac.id, komunitas bisnis bisa diartikan sebagai perkumpulan dari sekelompok orang yang memiliki kesamaan nilai-nilai. Para anggota komunitas bisnis membentuk komunitas untuk saling berinteraksi antara satu dengan lain demi tujuan tertentu.

Komunitas bisnis berisikan orang dengan minat yang sama, bisa berdasarkan lokal atau regional. Para anggota sering mengadakan event offline sebagai wadah bagi mereka untuk bertemu dan bertukar pikiran.

Mengutip jurnal.id, berikut  beberapa manfaat yang bisa didapat dari komunitas bisnis dalam mendorong pertumbuhan bisnis Anda. 

Memperluas jaringan bisnis

Memperluas jaringan bisnis menjadi salah satu modal utama untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda. Dengan bergabung di komunitas bisnis atau pengusaha, Anda memiliki kesempatan untuk mengenal pengusaha lain dari berbagai industri dan latar belakang.

Berbagai kesempatan dan peluang bisa hadir dari jaringan yang luas ini, termasuk wawasan Anda yang sudah pasti akan ikut bertambah dan diperbarui. Memperluas jaringan bisnis melalui komunitas bisa memperkaya wawasan dari sudut pandang yang berbeda dan bisa menambah pengalaman.

Mudah bertukar informasi

Komunitas bisnis bisa memberikan ruang bagi Anda sebagai pemilik bisnis, untuk bertukar informasi dan pikiran terkait bisnis dengan pebisnis lain di komunitas tersebut. Hal ini adalah sebuah pelajaran yang baik bagi pengembangan bisnis di masa depan.

Dalam komunitas bisnis, Anda akan menemukan berbagai macam ilmu dan pengalaman yang belum tentu bisa Anda temukan di buku atau teori bisnis lainnya.