BUSINESS

10 Kota Terbaik di Eropa untuk Para Digital Nomad

Menikmati bekerja jarak jauh di Eropa.

10 Kota Terbaik di Eropa untuk Para Digital Nomadilustrasi Belanda (unsplash.com/Thomas Bormans)

by Desy Yuliastuti

03 November 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Digital nomad adalah salah satu pekerjaan yang saat ini sedang digandrungi oleh banyak anak muda. Istilah ini mengacu pada mereka yang bekerja secara lepas (freelance) atau bekerja kantoran tetapi remote dengan memanfaatkan internet. Menjadi digital nomad artinya terbebas dari rutinitas jam kerja konvensional yang mengharuskan bekerja sejak pukul 9 pagi hingga 5 sore.

Seorang digital nomad bisa melakukan pekerjaan di mana saja, termasuk sambil traveling ke berbagai negara. Apabila Anda seorang digital nomad yang berencana bekerja dari Eropa, startup asuransi internasional Heymondo menyiapkan rekomendasi kota-kota terbaik di Eropa untuk para digital nomad. Kota-kota ini menawarkan kombinasi biaya hidup yang terjangkau, pemandangan menakjubkan, budaya yang dinamis, dan komunitas digital nomad yang berkembang pesat.

Tak perlu khawatir soal tempat tinggal, ruang co-living dan hostel menjadi tempat terpopuler karena menawarkan peluang besar bagi pekerja jarak jauh untuk tinggal dan bekerja bersama individu-individu yang berpikiran sama, berjejaring, dan berkolaborasi dalam proyek. Akomodasi ini juga tak hanya hemat biaya, tapi fasilitasnya terbilang lengkap mencakup internet berkecepatan tinggi, ruang kerja yang nyaman, dan berbagai fasilitas, seperti fasilitas binatu, dapur umum, dan area sosial. Beberapa hostel baru-baru ini dirancang khusus untuk digital nomad, menawarkan kamar pribadi, ruang kerja bersama, dan acara networking.

Lalu destinasi mana yang paling menarik? Berikut ini daftarnya dirangkum dari Heymondo.com.

1. Lagos, Portugal

Terletak di wilayah Algarve di Portugal, Lagos adalah kota pesisir bersejarah yang menawarkan perpaduan unik antara fasilitas modern dan pesona dunia lama. Komunitas digital nomad berkembang di negara ini dengan banyak ruang kerja bersama dan acara networking yang tersedia bagi pekerja jarak jauh.

Dengan lebih dari 300 hari sinar matahari per tahun, Lagos adalah tempat yang sempurna untuk bekerja dari kafe tepi pantai atau beristirahat sejenak untuk berenang di laut. Suhu sedang sepanjang tahun memungkinkan untuk menikmati aktivitas luar ruangan seperti hiking, selancar, dan berlayar sepanjang tahun.

Selain manfaat praktisnya, Lagos memiliki banyak hal yang ditawarkan dalam hal budaya dan keindahan alam. Kota ini terkenal dengan garis pantainya yang indah, pantai keemasan, dan tebingnya yang dramatis. Pusat kota bersejarah ini menawan dan memiliki banyak restoran, kafe, dan bar tempat para digital nomad dapat bersantai setelah seharian bekerja.

Bagi para digital nomad yang ingin tinggal di Portugal dalam jangka panjang, negara ini menawarkan program Digital Nomad Vis , yang memungkinkan karyawan jarak jauh untuk tinggal dan bekerja di sana hingga 12 bulan. Persyaratan untuk visa ini mencakup bukti pendapatan dan asuransi kesehatan (untuk empat bulan pertama masa tinggal Anda), serta catatan kriminal yang bersih. Jangan lupa lampirkan dua pas foto.

2. Budapest, Hongaria

Budapest terletak di jantung Eropa. Ini adalah ibu kota Hongaria dan tujuan utama para pengembara digital. Kota ini memiliki arsitektur yang menakjubkan dan sejarah yang kaya serta menawarkan perpaduan sempurna antara pekerjaan dan rekreasi.

Salah satu keuntungan terbesar Budapest bagi para digital nomad adalah keterjangkauannya. Biaya hidup di Budapest jauh lebih rendah dibandingkan kota-kota Eropa lainnya, sehingga memudahkan karyawan jarak jauh untuk menghemat anggaran sambil menikmati gaya hidup digital nomad yang nyaman.

Akomodasi, makanan, dan transportasi umum semuanya memiliki harga yang terjangkau, dengan banyak pilihan yang dapat disesuaikan dengan berbagai anggaran.

Untuk digital nomad yang ingin tinggal di Hongaria lebih dari satu tahun, negara ini menawarkan program Digital Nomad Visa. Cocok untuk warga negara ketiga yang ingin tinggal di Hongaria sambil bekerja jarak jauh. Agar memenuhi syarat untuk visa ini, Anda harus memiliki paspor yang masih berlaku dan memberikan bukti asuransi kesehatan, akomodasi, dan sumber keuangan yang memadai untuk menghidupi diri Anda sendiri di Hongaria.

Anda juga harus menunjukkan bahwa Anda bekerja jarak jauh untuk perusahaan di luar Hongaria atau wiraswasta. Setelah habis masa berlakunya, Anda dapat memperpanjang visa untuk satu tahun lagi.