BUSINESS

AC Ventures Suntik Dana Rosé All Day Cosmetics US$5,41 Juta

SWC Global dan DSG Consumer Partners ikut dalam pendanaan.

AC Ventures Suntik Dana Rosé All Day Cosmetics US$5,41 JutaCEO RADC Cindy Nyoto Gunawan dan Co-founder Tiffany Danielle/Dok. RADC

by Desy Yuliastuti

15 December 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Rosé All Day Cosmetics (RADC) mengumumkan raihan pendanaan Seri A senilai US$5,41 juta atau setara Rp84 miliar yang dipimpin oleh SWC Global, dengan partisipasi dari investor awal merek ini, AC Ventures, dan investor baru, DSG Consumer Partners (DSGCP). Investasi strategis ini menggambarkan kuatnya pertumbuhan positif dan potensi bisnis RADC.

Dana segar ini akan digunakan untuk memperluas ekspansi bisnis di Indonesia dan ASEAN, melakukan inovasi produk secara menyeluruh dengan berfokus pada teknologi, serta mengembangkan kehadiran produk secara omnichannel.

Co-founder RADC, Tiffany Danielle, mengatakan "Pendanaan ini memperkuat komitmen untuk membuka peluang baru dan menyampaikan produk kosmetik yang untuk memenuhi kebutuhan berkembang pelanggan di Indonesia dan mancanegara," katanya dalam keterangan pers, dikutip Jumat (15/12).

Lebih lanjut, dana segar akan digunakan untuk memperluas tim dengan melakukan perekrutan di berbagai departemen. Termasuk pemasaran, media sosial, operasional, keuangan, dan pengembangan produk.

Ekspansi ini sejalan dengan tujuan RADC untuk menjaga ekuitas merek di pasar dan melayani basis konsumen yang semakin beragam. Saat ini, RADC Tengah mencari sumber daya manusia untuk mengisi beberapa posisi, termasuk Senior HR Executive, Creative Director, General Trade Lead, dan sebagainya.

Wakil Presiden SWC Global, Wendi Xiang, menilai RADC optimistis terhadap prospek ekonomi Indonesia dalam dekade mendatang serta efisiensi operasional tim, dan yakin akan menjadi merek kecantikan unggulan asal Indonesia

"Investasi dan dukungan kami tidak hanya sebatas modal; kami berencana untuk menghubungkan RADC dengan portofolio konsumen Tiongkok kami, dan membantu RADC membangun dukungan rantai pasokan di Tiongkok," ujarnya.

Pasar kosmetik dan perawatan kulit berkembang didorong milenial dan Gen-Z

Terkait pendanaan ini, Kepala Wilayah Asia Tenggara di DSGCP, Sameer Mehta, melihat potensi RADC untuk berkembang. Apalagi pasar kosmetik dan perawatan kulit Indonesia pada 2022 masing-masing memiliki nilai US$800 juta dan US$2,4 miliar, dengan pertumbuhan tahunan yang diproyeksikan mencapai 14-16 persen dan 10-15 persen hingga 2026.

Ekspansi ini akan didorong oleh pangsa pasar yang kuat dari kelompok milenial dan Gen-Z sebanyak 145 juta konsumen yang mencari produk premium di tengah peningkatan PDB per kapita yang diestimasikan mencapai US$7.000 pada 2026. Keterlibatan digital yang signifikan dari konsumen ini, ditandai dengan tingkat penetrasi 89 persen di daerah perkotaan, didorong oleh booming e-commerce dan media sosial.

"Dengan berfokus pada nilai-nilai lokal, DSGCP meyakini bahwa merek yang diproduksi di Indonesia, oleh orang Indonesia, untuk orang Indonesia, akan beresonansi mendalam dengan aspirasi ekonomi yang sedang berkembang di Indonesia," ujar Sameer.

Diluncurkan pada 2017, RADC terus berkembang hingga kemudian memperoleh investasi awal dari AC Ventures pada 2020. Founder & Managing Partner AC Ventures, Michael Soerijadji, mengatakan dukungan kepada Rosé All Day Cosmeticssejalan dengan etos AC Ventures untuk mendukung perusahaan-perusahaan transformatif sejak awal.

"Kemampuan mereka untuk beradaptasi dengan pasar yang bergerak cepat, dan merespons tantangan-tantangan yang tidak terduga membuat mereka unggul," katanya.

Related Topics