BUSINESS

Bidik Segmen Menengah Bawah, Pacific Pede Masuk Segmen Motor Listrik

Motor listrik Pacific dibanderol di bawah Rp20 juta.

Bidik Segmen Menengah Bawah, Pacific Pede Masuk Segmen Motor Listrikdok. Ekarina

by Ekarina

11 August 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Roda Pacific Mandiri (RPM) Produsen sepeda Pacific Bike merambah segmen bisnis motor listrik. Perusahaan optimistis produknya bakal diminati dan diterima pasar melalui sejumlah strategi pemasaran yang dilakukan.

Promotion Manager Pacific Bike, Janto Hasan mengatakan, Pacific memiliki beberapa varian motor listrik yang sudah diperkenalkan ke pasar.

Menurutnya, produk motor listrik maupun sepeda listrik yang dijual perusahaan menyasar segmen pembeli menengah bawah. Motor listrik Pacific WHIZZ  misalnya, yang dibanderol di kisaran Rp16,5 juta off the road sehingga mampu menjangkau pasar yang lebih luas. Untuk menjadikan harganya terjangkau, produsen lokal ini memang tidak menggunakan baterai lithium pada produknya. Namun, kendaraan ini dapat dicharge dengan daya 450 watt.

"Kami ngin punya volume yang besar dengan harga jual yang kompetitif sehingga bisa mencapai skala ekonomi," katanya ditemui di sela pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS 2023) di ICE BSD, Jumat (11/8).

Dari total kapasitas produksi Pacific Bike saat ini yang mencapai 2.500 unit per bulan, 10 persen atau 200 unit di antaranya merupakan produksi motor listrik. Setiap produk itu diproduksi, ia mengklaim jumlah permintaannya bahkan jauh lebih besar. "Kami perkirakan dalam 2-3 tahun ke depan, pasarnya berkembang," katanya.

Untuk menggencarkan penjualan, baik produk sepeda, sepeda listrik dan motor listrik, perusahaan menggandeng jejaring ritel, seperti Transmart, di samping jaringan pemasarannya sendiri.
 

Sekilas Pacific WHIZZ

Varian Pacific WHIZZ yang juga dipamerkan di ajang GIIAS 2023 itu memiliki tampilan desain menarik yang sporty dan futuristik. Dilengkapi dengan roda berukuran 90/90-14, membuat motor listrik ini memiliki postur serupa dengan motor konvensional.

Motor listrik WHIZZ dibekali dengan tenaga motor berdaya 2000 Watt, dan baterai berkapasitas 96 V/20 AH. Dengan demikian e-motor ini mampu melaju dengan kecepatan hingga 75 km/jam dan menempuh jarak hingga 85 km.  WHIZZ juga dibekali rem cakram (disc brake) untuk memberikan keamanan dan kenyamanan yang optimal.

Selain Pacific WHIZZ, di jang GIIAS 2023 Pacific juga memamerkan varian motpr listrik Virgo 1.2, Exotic seri Sprinter dan varian sepeda listrik SYNCROS 8.0  dengan dibekali motor berkekuatan 800 Watt serta baterai berkapasitas 60 V/20 AH, yang membuatnya mampu melaju hingga sejauh 60 km.